Jakarta (ANTARA) - Sebuah minimarket di Jalan Brigjen Katamso, RT/RW 04/09 Kota Bambu Selatan, Palmerah, Jakarta Barat, atau tepatnya seberang Wisma 77, terbakar pada Kamis sekira pukul 17.30 WIB.

"Penyebab, untuk sementara, mungkin karena tabung gas yang meledak. Dampak kebakaran hanya dalam area bangunan, tidak sempat meluas," ungkap Kepala Seksi Operasi Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Barat, Syarifudin di Jakarta, Kamis malam.

Syarifudin juga memastikan tidak ada korban luka ataupun korban jiwa akibat kebakaran tersebut.

"Dari karyawan dan semua (warga). Alhamdulillah aman," kata Syarif.

Pihaknya menurunkan 65 personel dan 13 unit armada pemadam untuk mengatasi kebakaran tersebut.

Baca juga: Dua rumah berlantai dua di Penggilingan ludes terbakar

"Kita semuanya 65 personel dan 13 armada yang kita kerahkan," katanya. 

Syarif menyebut asap tebal yang keluar dari sumber kebakaran menyebabkan petugas pemadam cukup sulit untuk menemukan titik api.

"Yang keluar (dari gudang) itu asap tebal. Jadi, petugas kita tadi cukup kesulitan. Tapi sudah berhasil dilokalisir," kata Syarif.

Selain itu, barang-barang mudah terbakar seperti kardus, plastik dan yang lainnya juga cukup mempersulit petugas pemadam untuk mengatasi kebakaran tersebut.

"Barang-barangnya sangat mudah terbakar. Jadi, selain melakukan pemadaman, kita juga mengevakuasi barang-barang dari dalam minimarket ke luar," kata Syarif.

Baca juga: Satu kamar dalam rumah bertingkat dua terbakar di Jakarta Utara

Di lokasi, warga sekitar memadati area depan minimarket.

Pada awal kebakaran terjadi warga membantu karyawan memadamkan kebakaran sebelum petugas tiba di lokasi kebakaran.

Kebakaran pun berhasil diatasi pukul 19.10 WIB. 

Pada pukul 19.25 WIB, kendaraan pemadam mulai meninggalkan lokasi kebakaran. Kemacetan di Jalan Brigjen Katamso yang semula parah pun akhirnya mulai terurai dan lalu lintas perlahan lancar.

Ketua RT 04, Fahrul membenarkan adanya suara ledakan dari arah minimarket. Ketika kebakaran terjadi, ia pun memobilisasi warga sekitar untuk membantu memadamkan kebakaran tersebut.

Baca juga: Gulkarmat Jaktim kerahkan 12 unit mobil padamkan kebakaran di Halim

Saat kebakaran terjadi, kata Fahrul, karyawan minimarket langsung berhamburan keluar dan akibat asap yang kian tebal, lalu menghubungi pemadam kebakaran untuk segara ke lokasi.

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024