Pekanbaru (ANTARA News) - Pesawat tempur jenis Hawk 200 milik TNI Angkatan Udara berhasil mendarat dengan selamat di Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Riau, setelah tanki bahan bakar cadangannya jatuh di kawasan perkebunan di daerah itu.

"Sekitar pukul 16.00 WIB tadi, pesawat yang sedang latihan tempur itu berhasil mendarat di Skuadron Lanud Roesmin Nurjadin," kata Kepala Penerangan (Kapentak) Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Filpadri, kepada Antara di Pekanbaru, Jumat malam.

Ia menjelaskan, tidak ada yang terluka atau meninggal dunia akibat insiden tersebut.

Menurut dia, pilot yang menerbangkan Hawk 200 itu berhasil memarkirkan pesawat dengan baik meski berpotensi terjadi kekurangan keseimbangan di udara setelah tanki cadangan terlepas.

Mengenai siapa pilot yang menerbangkan pesawat itu, Filpadri masih enggan menjelaskan.

"Mengenai identitas pilot saya belum berani menginformasikannya. Yang jelas, pesawat atau aset berhasil diselematkan. Juga tidak ada korban luka atau meninggal dunia dalam peristiwa ini," katanya.

Tanki bahan bakar cadangan pesawat Hawk 200 itu jatuh di kawasan perkebunan dekat Dusun Titian Tinggi, Desa Sungai Baung, Kecamatan Rengat Barat, Kabupaten Indragiri Hulu.

Dari informasi warga disebutkan, tanki itu terlihat melayang di udara sebelum akhirnya jatuh pada Jumat sore pukul 15.45 WIB.

Pewarta: Fazar Muhardi
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013