Ada pekerjaan-pekerjaan yang sekarang itu adalah secara online
Medan (ANTARA) - Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari mengingatkan kepada para alumni Program Kartu Prakerja bahwa internet membuka kesempatan kerja dalam berbagai bentuk termasuk bekerja dari berbagai tempat.

"Sekarang juga tidak semua pekerjaan itu adalah tatap muka. Ada pekerjaan-pekerjaan yang sekarang itu adalah secara online. Jadi teman-teman sekalian jangan mengeluh kalian kemudian ‘saya ada di kota kecil’," ujar Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari dalam acara Temu Alumni Prakerja di Medan, Sumatera Utara, Kamis malam.

Dia mengingatkan bahwa selama para alumni Program Kartu Prakerja tersambung dengan internet maka terdapat kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan secara online atau daring dan mengejarkannya dari berbagai tempat.

Keberadaan internet juga mempermudah para pencari kerja untuk memasarkan produk maupun jasa kepada pemberi kerja yang tidak membutuhkan proses tatap muka. Tidak hanya pekerjaan di Indonesia, tapi juga klien yang berasal dari luar negeri.


Baca juga: Moeldoko minta alumni Prakerja manfaatkan kompetensi yang didapat
Baca juga: Pemerintah targetkan Prakerja diikuti 1,148 juta peserta tahun ini


Dia memberi contoh pernah bertemu seorang alumni yang berasal dari Kabupaten Rute Ndao, Nusa Tenggara Timur yang berada di titik paling selatan Indonesia, dapat mengajar bahasa Inggris secara daring kepada para muridnya.


Selain itu dia juga menyoroti bahwa jenis pekerjaan sekarang tidak hanya yang bersifat jangka panjang, tapi juga dapat berupa proyek dengan periode tertentu.


"Jadi buat kalian yang belum bekerja atau saudara kalian, teman kalian itu jangan melamar yang full time saja, belum tentu seperti itu. Banyak pekerjaan yang part time," kata Denni.

Baca juga: Skill Academy siapkan berbagai kelas pelatihan bagi peserta prakerja
Baca juga: AMIN buka peluang teruskan Prakerja dengan tambahan program magang
Baca juga: Airlangga sebut Program Prakerja 2024 sasar pelatihan sektor digital


Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024