Sekarang sudah mulai terjadi transisi dengan berbagai jenis, tetapi mungkin masih rendah intensitasnya. Tapi situasi tertentu mungkin dalam lima tahun ke depan ini akan cukup masif ...
Medan (ANTARA) - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko bersama Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari melakukan kunjungan ke salah satu lembaga pelatihan mitra Program Kartu Prakerja di Medan, Sumatra Utara, pada Jumat.

Dalam kesempatan tersebut Moeldoko meminta lembaga pelatihan yang bergerak dalam bidang e-learning pakar otomotif itu untuk memanfaatkan momentum transisi ke kendaraan listrik untuk meningkatkan kemampuan peserta pelatihan.

"Sekarang sudah mulai terjadi transisi dengan berbagai jenis, tetapi mungkin masih rendah intensitasnya. Tapi situasi tertentu mungkin dalam lima tahun ke depan ini akan cukup masif perpindahannya," ujar Moeldoko yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Komite Ciptakerja.

Semakin banyak pengguna kendaraan listrik akan membuka kesempatan pembelajaran berbagai aspek-aspek seperti mesin dan baterai.

Baca juga: Moeldoko minta alumni Prakerja manfaatkan kompetensi yang didapat

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari menyebut dimulainya pelatihan skema normal, termasuk yang dilakukan secara offline atau tatap muka, memberikan tantangan baru termasuk untuk pelatihan otomotif.

Dia meminta kepada lembaga pelatihan yang menyediakan pelatihan secara langsung untuk juga bergerak aktif untuk menghubungi para peserta yang sudah mendaftar guna memastikan mereka mengikuti pelatihan.

Sebelumnya pemerintah memutuskan untuk melanjutkan Program Kartu Prakerja pada tahun ini untuk mendukung upaya peningkatan kompetensi agar semakin relevan dengan kebutuhan industri. Pendaftaran tahun ini sudah dibuka pada 23 Februari untuk Gelombang ke-63.

Untuk 2024  ditargetkan 1,148 juta peserta yang akan merasakan nilai manfaat Rp4,2 juta per orang, dibagi Rp3,5 juta untuk dana pelatihan, Rp600 ribu insentif, dan Rp100 ribu setelah mengisi survei.

Baca juga: Pemerintah targetkan Prakerja diikuti 1,148 juta peserta tahun ini
Baca juga: Skill Academy siapkan berbagai kelas pelatihan bagi peserta prakerja


Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024