Publikasi ilmiah tidak hanya penting bagi akademis tapi juga dalam hal bangsa dan negara
Jakarta (ANTARA) - Deputi Bidang Fasilitasi Riset dan Inovasi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Prof Dr Agus Haryono menyatakan publikasi ilmiah yang berkualitas sangat penting bagi akademik hingga perekonomian suatu negara.

“Publikasi ilmiah tidak hanya penting bagi akademis tapi juga dalam hal bangsa dan negara kita ketika melakukan kegiatan kerja sama bilateral maupun multilateral dengan negara lain,” katanya dalam acara Indonesia Research Summit-Editage di Jakarta, Kamis.

Agus menuturkan, salah satu publikasi berkualitas adalah ketika suatu riset ilmiah dapat menembus publikasi taraf internasional dan bahkan riset tersebut dapat diukur tingkat keberhasilannya melalui hal itu.

Meski demikian, publikasi sebenarnya bukan tujuan utama seorang peneliti dalam melakukan riset, namun melalui publikasi tersebut riset yang dilakukan bisa mendapat review dari orang-orang yang ahli di bidangnya.

Menurut Agus, apabila suatu riset itu sudah dipublikasikan dan di review secara benar oleh komunitas ilmiah di bidangnya, maka riset yang dilaksanakan itu pasti berkualitas dan benar dilakukan.

Terlebih, apabila suatu riset ini dapat dipublikasikan ke jurnal bertaraf internasional maka yang mengkaji riset tersebut merupakan orang-orang yang sangat ahli di bidang itu.

Agus mengatakan, publikasi ilmiah ini tidak hanya penting secara akademik melainkan juga sangat penting ketika pemerintah sedang melakukan negosiasi dengan negara lain terkait perdagangan, perindustrian, ekspor, impor, dan sebagainya.

Publikasi ilmiah yang berkualitas akan mengandung data-data yang bisa menjadi acuan konkret, sehingga membantu pemerintah dalam melakukan kegiatan kerja sama bilateral maupun multilateral dengan negara lain.

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024