Nusa Dua, Bali (ANTARA News) - Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, dijadwalkan akan bertemu bilateral dengan Presiden Susilo Yudhoyono, di sela KTT APEC 2013, di Nusa Dua, Bali. 

"Saat persisnya belum diketahui, namun menurut jadual yang ada, demikian," kata Deputi Direktorat Jenderal Diplomasi Publik dan Pers Kementerian Luar Negeri Jepang, Mizushima Koichi, di Nusa Dua, Jumat malam. 

Abe yang terkenal dengan Abenomics-nya akan berbicara empat mata dengan Yudhoyono tentang berbagai hal, di antaranya penguatan kerja sama dan hubungan bilateral kedua negara serta hal-hal lain terkait perkembangan kawasan Asia Pasifik. 

Menurut Mizushima, Jepang dan Indonesia memiliki hubungan yang selalu meningkat. "Perhatian kita ke Indonesia dan ASEAN sangat besar. Jepang dan ASEAN serta masing-masing negara anggotanya juga demikian," kata dia. 

Kunjungan Abe ke Bali sebagai kepala delegasi ekonomi dalam KTT APEC 2013 kali ini juga membawa misi bersama-sama mewujudkan Bogor Goals yang telah ditetapkan pada KTT APEC 1994 di Bogor, Jawa Barat. 

Akan tetapi, Mizushima tidak bisa menyebutkan apakah ada pertemuan bilateral antara Abe dengan koleganya, Presiden China Xi Jinping, yang juga hadir dalam KTT APEC 2013 di Nusa Dua, pada 7--8 Oktober ini.(*)

Pewarta: Ade P Marboen
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013