Auckland, Selandia Baru (ANTARA) - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengimbau seluruh pihak menjaga nilai demokrasi yang pernah diraih bangsa Indonesia di setiap gelaran Pemilu untuk menghadapi Pemilu Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) yang dijadwalkan bergulir November 2024.

Wapres Ma'ruf usai menghadiri pertemuan dengan kalangan pengusaha produk halal di Auckland, Selandia Baru, Jumat, mengatakan sikap itu perlu dipraktikkan oleh seluruh elemen masyarakat, termasuk penyelenggara, petugas keamanan untuk mewujudkan Pilkada yang demokratis.

“Saya kira supaya Pilkada dilaksanakan dengan baik, dengan demokratis, dengan jujur dan adil. Semuanya berjalan dengan baik sesuai dengan aturan-aturan yang ada,” katanya.

Menurut Wapres, apabila Pilkada dijalankan sebagaimana aturan yang ada dan menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi, diharapkan prosesnya akan berjalan sesuai dengan harapan.

“Kalau itu terjadi, saya kira akan aman, mudah-mudahan. Kita sudah berkali-kali Pileg, Pilpres, Pilgub, Pilbup, itu sebenarnya sudah beberapa kali,” katanya.

Oleh karena itu, dengan pengalaman penyelenggaraan Pemilu yang sudah dilalui Indonesia selama ini, Wapres berharap semua pihak dapat berperan aktif dalam menjaga situasi aman pesta demokrasi tersebut.

“Karena itu, situasi kondusif yang pernah kita lakukan dan baik, itu harus kita jaga. Jangan kemudian diwarnai dengan hal-hal yang tidak baik,” katanya.

Mendampingi Wapres dalam keterangan pers kali ini, Dubes RI untuk Selandia Baru Fientje Maritje Suebu dan Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi.
Baca juga: Wapres bertemu pengusaha halal Selandia Baru, pacu kerja sama konkret
Baca juga: Wapres dorong kerja sama pengakuan produk halal RI-Selandia Baru
Baca juga: Wapres bidik peluang kerja sama geotermal RI-Selandia Baru

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024