Nusa Dua, Bali (ANTARA News) - Presiden Susilo Yudhoyono bersama Ibu Negara, Kristiani Yudhoyono, dan rombongan telah mendarat di Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, Bali, guna memimpin persidangan putaran KTT APEC 2013. 

Pesawat khusus Boeing B-737 800NG Garuda Indonesia touch down di landas pacu bandar udara yang baru diperluas dan dipercanggih itu pada pukul 19.10 WITA, Sabtu. Begitu mendarat, pesawat terbang itu langsung dihampiri mobil tangga pesawat terbang. 

Kedatangan pesawat terbang khusus berlambang Garuda Pancasila di dekat pintu utamanya itu terlambat dari jadwal yang seharusnya pukul 16.45 WITA. 

Sebelum Yudhoyono, Presiden China, Xi Jinping, telah mendarat memakai Boeing B-747-200 Air China bersama sejumlah rombongan besarnya. 

Menurut jadwal, pemimpin ekonomi APEC yang terakhir mendarat Sabtu malam adalah Presiden Cile Sebastian Pinera Echenique pukul 22.00 WITA. 

Saat menuruni tangga pesawat terbang, Yudhoyono memakai kemeja tenun kemerahan dan Ibu Negara mengenakan busana senada. KTT APEC sendiri dibuka secara resmi oleh Yudhoyono sebagai tuan rumah pada Senin 7 Oktober mendatang. 

Indonesia mengusung tiga tujuan utama, yaitu mencapai Bogor Goals pada KTT APEC 1994, pembangunan berkelanjutan yang merata, dan meningkatkan konektivitas.

Pewarta: Ade P Marboen
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013