Toba, Sumatera Utara (ANTARA) - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) menyebutkan pengamanan yang dilakukan oleh Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara pada ajang internasional F1 Powerboat menjadi modal penting untuk Balige, Kabupaten Toba.

"Apa yang dilakukan oleh Polri, sesungguhnya itu investasi ke depan bagi Balige untuk memastikan daerah wisata yang aman," ujar Anggota Kompolnas Yusuf Warsyim di Balige, Kabupaten Toba, Sumut, Sabtu.

Baca juga: Pj Gubernur: Masyarakat antusias saksikan F1 Powerboat 2024

Yusuf mengatakan ajang internasional yang sudah dua kali dilakukan ini dengan suasana aman, sehingga masyarakat atau wisatawan yang berkunjung akan terus datang ke Balige.

"Karena kami melihat pengamanan F1 Powerboat sudah sesuai direncanakan, penggunaan teknologi berjalan dengan baik, semoga efektivitas terus lancar dengan baik ke depan," ucapnya.

Baca juga: Polisi paksa turun delapan drone terbang liar di venue F1 Powerpoint

Kompolnas sebagai pengawas dan fungsional kinerja integritas Polri, Yusuf menilai dibandingkan tahun lalu, ajang internasional F1 Powerboat ini sudah banyak perubahan, seperti mengelola masyarakat atau wisatawan yang berkunjung sudah berbeda, pemantauannya juga terpusat dengan menggunakan teknologi.

"Selain itu, kami melihat di kawasan ini tidak ada kejadian yang menonjol, baik antara petugas dengan pengunjung untuk itu lakukan deteksi dini secara berkala," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Polda Sumut Irjen Pol Agung Setya Imama Effendi mengatakan pola pengamanan F1 Powerboat 2024 mengedepankan sistem pengamanan berbasis teknologi.

"Seperti face recognition (identifikasi wajah), pemasangan 50 CCTV memantau situasi kamtibmas, penggunaan sistem operasional terpadu (SOT)," ucapnya.

Baca juga: Polda Sumut: 37 sopir "shuttle" bus di F1 Powerboat jalani tes urine

Agung mengatakan hari pertama pelaksanaan F1 Powerboat ini seluruh personel yang melaksanakan pengamanan dengan baik.

"Sejauh ini situasi kamtibmas selama berlangsungnya F1 Powerboat berjalan aman dan nyaman serta tidak ada hal yang menonjol," katanya.

Ajang internasional F1 Powerboat ini melibatkan 1.170 personel terdiri dari Kodam I/Bukit Barisan, Polda Sumut, Dinas Lalu Lintas Jalan Raya (DLLAJ), baik Provinsi Sumut maupun Kabupaten Toba, Satpol PP, BPBD, Basarnas dan pihak terkait lainnya.

Baca juga: BMKG saran kegiatan F1Powerboat lebih cepat 1-2 jam jadwal semula

Pewarta: M. Sahbainy Nasution
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024