Pertemuan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bertemu dan Presiden Peña Nieto menghasilkan beberapa kesepakatan bilateral...
Nusa Dua, Bali (ANTARA News) - Indonesia dan Meksiko mempererat hubungan bilateral kedua negara di sela-sela pertemuan Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) 2013.

Pertemuan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bertemu dan Presiden Peña Nieto menghasilkan beberapa kesepakatan bilateral antara lain penandatanganan Kesepakatan Pelayanan Udara, Protokol Perubahan Persetujuan Penghindaran Pajak Berganda, dan Pencegahan Pengelakan Pajak. Demikian rilis Sekretariat APEC yang diterima ANTARA News, di Nusa Dua, Bali, Senin.

Selain itu ada baberapa kerjasama yang terjalin juga, seperti kerjasama kesehatan antara Kementerian Kesehatan RI dan Meksiko kemudian kesepakatan kerjasama pariwisata antara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI dan Kementerian Pariwisata Meksiko, serta kerjasama Kredit Ekspor antara Indonesia Eximbank dan BANCOMEX.


Kunjungan Presiden Peña Nieto merupakan kunjungan kedua Presiden Meksiko ke Indonesia, setelah kunjungan Presiden Adolfo López Mateos pada tahun 1962.

Sementara, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sendiri sempat mengunjungi Mexico City pada tanggal 17 November 2008.

Kunjungan-kunjungan tersebut menjadi instrumen penting untuk meningkatkan hubungan bilateral sejak pembentukan hubungan diplomatik pada tanggal 6 April 1953.

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013