Nusa Dua, Bali (ANTARA News) - Hari pertama pertemuan para petinggi ekonomi APEC 2013 diisi dengan berbagai kegiatan.

KTT APEC 2013 yang berlangsung 7--8 Oktober dimulai dengan dialog antara Pemimpin Ekonomi APEC dengan APEC Business Advisory Council (ABAC) yang mewakili pelaku dunia usaha di kawasan Asia Pasifik.

Pertemuan yang dipimpin Wishnu Wardhana selaku ABAC Chair 2013 memberikan masukan dan rekomendasi kepada para Pemimpin Ekonomi APEC.

Dalam kesempatan itu, Presiden Yudhoyono menekankan bahwa sejak pendirian APEC, peran dunia usaha tidak tergantikan dalam menghadapi tantangan-tantangan global yang ada.

Usai makan siang bersama, para Pemimpin Ekonomi APEC melanjutkan pembahasan pada sesi Leaders’ Retreat 1 untuk membahas peran APEC dalam memperkuat sistem perdagangan multilateral guna menghadapi kondisi ekonomi global saat ini.

Selaku pemimpin pertemuan, Presiden Yudhoyono sangat mengedepankan pentingnya peran APEC dalam mempersempit jarak pembangunan antara ekonomi melalui sistem perdagangan multilateral yang saat ini tengah diupayakan melalui Doha Development Agenda (DDA) yang dibahas di WTO.

Pertemuan akan dilanjutkan esok hari tanggal 8 Oktober 2013, dengan lanjutan pembahasan pada sesi Leaders Retreat 2 untuk membahas agenda pengembangan konektivitas di kawasan.

Setelah itu dilanjutkan dengan diskusi informal antara Pemimpin Ekonomi APEC dengan Pemimpin Ekonomi di Kawasan Pasifik dan ditutup dengan APEC Leaders Working Lunch yang akan membahas agenda pertumbuhan berkelanjutan dan setara di kawasan Asia Pasifik.

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013