... pebisnis China akan memainkan peran lebih aktif dalam proses penyatuan ekonomi Asia dan Pasifik... "
Nusa Dua, Bali (ANTARA News) - Pengusaha China sangat menghargai sumbangan APEC dan berjanji akan ikut lebih aktif dalam pertemuan puncak CEO dan kegiatan terkait lain APEC. China menjadi kekuatan ekonomi yang turut menentukan keadaan dunia.

Wakil Ketua Dewan China bagi Promosi Perdagangan Internasional, Yu Ping, di sela KTT APEC 2013, Nusa Dua, Bali, Senin, mengatakan pertemuan puncak CEO telah menetapkan tema yang sangat cocok "Menuju Keuletan dan Pertumbuhan".

Satu fokusnya pembentukan kembali prioritas ekonomi global, dan banyak topik utama yang sesuai dengan perhatian perusahaan di wilayah tersebut, di antaranya sistem ekonomi global, inovasi bagi perusahaan kecil dan sedang, konektivitas dan pasar energi.

Ia menyatakan, 12 pemimpin ekonomi anggota APEC, termasuk Presiden China, Xi Jinping, memberi sambutan dalam pertemuan puncak CEO tahun ini, petunjuk bahwa meeka sangt menghargai forum itu.

Selain itu, pertemuan tingkat tinggi CEO tahun ini menarik 1.200 peserta dari bermacam perusahaan; jumlah peserta terbanyak selama ini. Banyak di antara mereka menyampaikan keinginan, ekonomi China akan mempertahankan pertumbuhan yang baik dan mapan.

Sebagai pertemuan puncak para pemimpin Forum APEC tahun depan, China, katanya, akan mengambil pengalaman dari sidang sebelumnya, dan mengambil keberhasilan mereka sebagai titik permulaan baru dalam mempersiapkan pertemuan CEO tahun depan.

"Masyarakat pebisnis China akan memainkan peran lebih aktif dalam proses penyatuan ekonomi Asia dan Pasifik melalui keikutsertaan mereka dalam pertemuan puncak," kata Yu.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013