Sentani (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, Papua, meraih penghargaan Anugerah Media Center (AMC) 2024 dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI.

Penghargaan akan diterima oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jayapura Gustaf Griapon di Trans Convention Centre Bandung, Jawa Barat, pada Selasa malam.

Gustaf Griapon saat dihubungi di Sentani, Selasa, mengatakan penghargaan ini sesuai Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2015 tentang pengelolaan komunikasi publik dan menjalankan fungsi government public relations (GPR) atau hubungan antara masyarakat dan pemerintah.

“Kemenkominfo RI menilai Media Center Kabupaten Jayapura sangat berperan aktif dalam menyebarluaskan informasi pemerintah kepada masyarakat sehingga layak meraih penghargaan,” katanya.

Baca juga: Kemenkominfo gelar literasi digital, 800 warga kampung Jayapura ikut

Menurut Griapon, Media Center yang dikelola oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jayapura beberapa tahun terakhir begitu aktif dalam memfasilitasi setiap program dan kebijakan pemerintah daerah melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) kepada media massa elektronik maupun cetak.

“Keterbukaan informasi mengenai pembangunan, kendala yang dihadapi di lapangan disampaikan secara terbuka kepada wartawan, sehingga masyarakat luas bisa memperoleh informasi pembangunan secara transparan atau terbuka,” ujarnya.

Dia menjelaskan penghargaan AMC 2024 hanya diberikan kepada 16 kabupaten/kota di Indonesia yang dianggap begitu terbuka dalam menyampaikan pencapaian pembangunan dan kendala melalui Media Center pemerintah daerah.

Baca juga: Pemkab Jayapura dorong pengembangan UMKM Digital 2024

“Kami berharap apa yang telah kami capai dan terapkan mengenai keterbukaan informasi terus terpelihara sehingga masyarakat dapat dengan mudah mengetahui pembangunan di Papua khususnya di Kabupaten Jayapura,” katanya.

Dia menambahkan bahwa keberhasilan yang dicapai ini karena adanya dukungan dari 35 OPD teknis dan 19 distrik di Kabupaten Jayapura yang juga ikut mendukung keterbukaan informasi melalui forum resmi seperti Media Center.

“Terima kasih kepada pimpinan OPD dan kepala distrik ikut mendukung keterbukaan informasi yang disampaikan kepada wartawan melalui Media Center yang dikelola oleh Diskominfo Kabupaten Jayapura,” ujarnya.

Baca juga: Diskominfo Kabupaten Jayapura gagas pengembangan pertanian digital

Gustaf merasa bangga karena Kabupaten Jayapura satu-satunya daerah di Provinsi Papua yang memperoleh penghargaan AMC 2024.

Sebanyak 16 kabupaten/kota yang menerima penghargaan AMC 2024 yakni Kota Padang, Tidore Kepulauan, Batam, Palangka Raya, Pekanbaru, Madiun, Semarang, Lumajang, Musi Banyuasin, Pangkajene dan Kepulauan, Hulu Sungai Utara, Polewali Mandar, Kabupaten Jayapura, Mimika, Raja Ampat, dan Kebumen.

Pewarta: Yudhi Efendi
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024