... ASEAN telah menyatukan kawasan ini, bahwa kita harus maju bersama-sama... "
Nusa Dua, Bali (ANTARA News) - Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Radjasa, mengatakan, negara-negara ASEAN fokus menyelesaikan pembahasan Kemitraan Ekonomi Komprehensif Kawasan (RCEP) sebelum menindaklanjut Kemitraan Trans-Pasifik (TPP).

Rajasa dalam konferensi pers hari terakhir KTT APEC 2013, di Nusa Dua, Bali, Selasa, menegaskan, kemitraan di antara negara ASEAN dan ASEAN Plus Enam (Australia, Selandia Baru, India, China, Jepang, Korea Selatan) menjadi komitmen kuat di antara negara ASEAN dengan fokus menyelesaikan pekerjaan rumah masing-masing.

"Kerja sama yang lain tidak akan menggoyahkan kesepakatan ASEAN. Semangat ASEAN telah menyatukan kawasan ini, bahwa kita harus maju bersama-sama," kata dia.

Dia mengatakan, tiga pekerjaan rumah yang harus diselesaikan masing-masing negara ASEAN sebelum RCEP berlaku pada 2015 mendatang adaah keterbukaan pasar, sinergi ilmu pengetahuan dan teknologi, serta pembangunan kapasitas sumber daya manusia.

Karena itu, Rajasa mengatakan, kerja sama ekonomi multilateral yang dijalin dengan negara lain tidak akan memengaruhi kesepakatan regional. Terlebih lagi, pada OKtober usai KTT APEC 2013, juga akan segera digelar KTT ASEAN 2013, di Brunei Darussalam.

"Di sana kita akan mengevaluasi dari progres dalam menyelesaikan pekerjaan rumah itu," kata dia.

Topik RCEP dan TPP juga menjadi sorotan dalam berbagai pertemuan di KTT APEC 2013, 3-8 Oktober ini. Dua belas negara yang telah tergabung dalam TPP juga hadir dalam KTT APEC 2013 untuk melanjutkan pembahasan kemitraan ekonomi yang digagas Amerika tersebut.

RCEP dan TPP sama-sama mempromosikan perdagangan bebas dengan mengurangi hambatan-hambatan seperti regulasi dan tarif ekspor dan impor.

Pewarta: Azi Fitriyanti
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013