... bisa meyakinkan mereka bersikap proaktif atas perundingan Bali... "
Nusa Dua, Bali (ANTARA News) - Indonesia mendorong negara-negara ekonomi APEC melakukan pendekatan geografis guna menyukseskan konferensi tingkat menteri Organisasi Pedagangan Dunia (WTO), di Bali, Desember nanti.

"Salah satu usulan saya agar anggota APEC melakukan pendekatan geografis," kata Menteri Perdagangan, Gita Wirjawan, selepas KTT APEC 2013, di Nusa Dua, Bali, Selasa siang.  

"Chile, Meksiko, dan Peru misalnya dapat menggalang dukungan di kalangan negara-negara Amerika Latin, atau Indonesia sendiri yang bisa melakukan pendekatan pada India atau China, yang punya pengaruh di kawasan Afrika bisa meyakinkan mereka bersikap proaktif atas perundingan Bali," kata dia.

Pertemuan pemimpin ekonomi APEC adalah kesempatan penting menggalang kekuatan APEC untuk menyukseskan KTM Bali yang akan digelar dua bulan lagi.

Kesepakatan Bali diharapkan akan jadi kunci pembuka kebuntuan perundingan Putaran Doha selama beberapa tahun terakhir.

"Para Pemimpin APEC sepakat ktm WTO di Bali Bulan Desember mendatang harus berhasil sebagai batu loncatan untuk menyelesaikan Perundingan Putaran Doha," kata Gita.

Oleh karenanya, Gita mengatakan, para pemimpin APEC harus saling mengingatkan perlunya anggota WTO lebih pro-aktif dalam perundingan di WTO, lebih fleksibel dalam berbagai isu runding dan bersikap pragmatis.

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013