“Jadi pada Senin (4/3) kami telah mulai melakukan pleno rekapitulasi perhitungan suara tingkat provinsi Papua Tengah,”
Jayapura (ANTARA) - Penjabat Gubernur Papua Tengah Ribka Haluk mengajak masyarakat untuk menjaga keamanan dan kenyamanan serta ketentraman selama berjalan proses rekapitulasi perhitungan suara tingkat provinsi Papua Tengah.

“Jadi pada Senin (4/3) kami telah mulai melakukan pleno rekapitulasi perhitungan suara tingkat provinsi Papua Tengah,” katanya dalam siaran pers di Jayapura, Selasa (5/3).

Menurut Ribka, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Papua Tengah yang telah berpartisipasi aktif dalam Pemilu hal ini merupakan bukti bahwa demokrasi di Papua Tengah semakin berkembang dan semakin baik.

"Mari tunjukkan kepada seluruh rakyat Indonesia bahwa Papua Tengah adalah Provinsi yang damai dan demokratis,” ujarnya.

Dia menjelaskan untuk itu pihaknya berharap proses pleno rekapitulasi suara ini harus selesai tepat waktu jika tidak maka Pemprov Papua Tengah akan mengevaluasi kinerja KPU dan Bawaslu serta semua Pejabat terkait dalam pelaksanaan Pemilu 2024.

"Saya ini terus pasang badan di pusat untuk melindungi semua jadi waktu satu minggu ini silahkan KPU dan Bawaslu bekerja semaksimal mungkin agar selesai tepat waktu,” katanya lagi.

Dia menambahkan untuk itu tidak ada alasan lagi atas nama lembaga secara pribadi membuat statemen provokatif menghalangi pesta demokrasi.

“Jika ada saya minta aparat yang berwajib silakan interogasi karena semua sudah janji dan sumpah jabatan,” katanya.

Dia menjelaskan pihaknya mengingatkan seluruh pihak yang terlibat dalam proses rekapitulasi suara agar bekerja dengan penuh integritas dan profesionalisme.“Serta pastikan bahwa proses rekapitulasi suara berjalan dengan transparan, akuntabel dan adil,” ujarnya lagi.

Pewarta: Qadri Pratiwi
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024