Jakarta (ANTARA) - Pameran tekstil dan garmen terbesar di Asia Tenggara (Indo Intertex) kembali diselenggarakan di Indonesia dengan menghadirkan lebih dari 600 perusahaan dari 16 negara yang bergerak di sektor tersebut.
 
Direktur Utama Peraga Expo Paul Kingsen mengatakan, gelaran pameran itu berlangsung selama 4 hari mulai dari 20-23 Maret 2024. Hal itu disampaikan dalam konferensi pers yang digelar di Jakarta, Selasa.
 
Ia mengatakan dalam pameran yang diselenggarakan tahun ini, pihaknya mengambil kampanye sustainability atau berkelanjutan dengan tujuan untuk mengurangi sampah tekstil di Indonesia.
 
Dirinya mengatakan tahun ini, Indo Intertex bekerja sama dengan komunitas untuk membuat program kreatif dalam bentuk kompetisi, seperti daur ulang pakaian bekas.
 
Selain itu ia menilai pameran ini memberikan kontribusi penting bagi pelaku industri di tanah air, karena membantu untuk memperluas transformasi sektor garmen dan tekstil lokal.
 
Hal tersebut dikarenakan perusahaan yang terdaftar akan menyuguhkan teknologi dan inovasi terbaru dari mesin tekstil, garmen dan digital printing, bahan baku, teknologi digitalisasi, kimia tekstil, serta pewarna tekstil dan aksesoris.
 
"Indo Intertex memainkan peran penting bagi para pelaku industri tekstil di Indonesia karena menjadi satu-satunya wadah yang kredibel untuk merintis, memperluas hingga memimpin transformasi sektor tekstil & garmen lokal dengan memperkenalkan teknologi baru dari dunia,” katanya.
 
Pihaknya menargetkan akan ada 12 ribu pengunjung dari kalangan profesional maupun pelajar yang akan hadir memadati area pameran Indo Intertex 2024 di Jakarta International Expo.
 
Ia menyampaikan para pengunjung dapat mengakses area pameran secara gratis dengan mendaftarkan diri terlebih dahulu melalui laman resmi Indo Intertex.
 
Selama periode pameran, pihaknya juga turut menghadirkan sesi informatif tentang tren dan teknologi di industri tekstil dan garmen yang dikemas dalam berbagai seminar.

Baca juga: Kemenperin kawal sektor TPT melalui regulasi dan pengawasan

Baca juga: Kemenperin buka Pameran Indo Intertex-Inatex-Indo Dyechem 2014

 

Pewarta: Ahmad Muzdaffar Fauzan
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2024