Jakarta (ANTARA) - Kerajaan Arab Saudi melalui Pusat Bantuan Kemanusiaan Raja Salman (KSRelief) menyalurkan 7.965 paket pangan untuk warga Indonesia melalui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) di Jakarta pada Selasa.

"Kerja sama dan solidaritas merupakan dua hal penting dalam membangun komunitas masyarakat dan bantuan melalui KSRelief ini merupakan arahan Raja Salman terutama dalam membantu masyarakat yang membutuhkan, terutama pada bulan Ramadan," kata Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Faisal Abdullah H. Amodi pada acara pelepasan bantuan pangan di Kantor Baznas di Jakarta, Selasa.

Dubes Faisal juga menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah mensukseskan penyaluran bantuan paket tersebut.

"Terima kasih kepada semua pihak dan semoga kita dapat menjalankan ibadah puasa. Selamat bulan puasa," kata Dubes menambahkan.

Sementara itu, Ketua BAZNAS Noor Achmad, mengatakan bantuan KSRelief sebanyak 7.965 paket untuk Ramadan tahun ini akan disalurkan ke empat provinsi.

Adapun rincian pendistribusian paket berisi beras, minyak, terigu dan gula, yakni DKI Jakarta (2.395), Jawa Barat (1.592), Banten (1.195) dan Jawa Tengah (2.783).

“Kami bersama-sama dengan Kerajaan Arab Saudi melalui KSRelief bersatu dalam semangat kepedulian dan kebersamaan untuk menggapai tangan mereka yang membutuhkan bantuan,” kata Noor.

Menurut Noor, distribusi bantuan paket pangan seberat 30,2 kg per paket itu menjadi bukti nyata semangat kemanusiaan yang tinggi dan tindakan nyata untuk meringankan beban masyarakat yang tengah dilanda kesulitan.

“Dengan menyebarkan paket bantuan kepada 7.965 keluarga, kita tidak hanya memberikan makanan atau bahan pokok semata, tetapi kita juga memberikan harapan, cinta, dan kehangatan dalam setiap paketnya,” katanya.
Bantuan pangan dari Kerajaan Arab Saudi untuk warga Indonesia di Jakarta pada Selasa (5/3/2024). (ANTARA/Asri Mayang Sari)



Noor berharap melalui kerja sama antara BAZNAS dan KSRelief, semakin banyak masyarakat yang dibantu, sebab masih banyak keluarga yang membutuhkan bantuan.

“Dalam kesulitan itulah kita dapat menemukan kekuatan untuk bersatu dan berbagi. Kita dapat menjadi sinar harapan bagi mereka yang terpuruk dalam kesulitan, dan kita dapat menjadi tonggak kebaikan bagi mereka yang membutuhkan,” katanya.

Pada acara pelepasan tersebut turut hadir Wakil Menteri Agama RI Saiful Rahmat Dasuki, Wakil Ketua BAZNAS Mokhamad Mahdum, sejumlah Pimpinan BAZNAS, staf Kedubes Arab Saudi serta perwakilan dari KSRelief.

Baca juga: Baznas distribusikan bantuan dari Raja Salman sebesar Rp7 miliar
Baca juga: Arab Saudi sediakan 3.267 ton bantuan ke Gaza

Pewarta: Asri Mayang Sari
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2024