Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak memastikan akan menggelar latihan tembak dengan helikopter secara berkala untuk meningkatkan keterampilan tempur.

"Kemampuan helikopter kita juga sangat luar biasa. Kita akan selenggarakan latihan ini secara berkala sehingga kemampuan anggota kita akan terus terpelihara, bahkan terus meningkat," kata Maruli saat memantau secara langsung Latihan Penembakan Senjata Pesawat Udara (Latbakjatpesud) yang dilakukan Pusat Penerbangan Angkatan Darat (Puspenerbad) di Bandung, Selasa.

Dalam siaran pers, Maruli menjelaskan latihan itu diperlukan untuk melatih keterampilan para penerbang angkatan darat saat memberikan bantuan serangan terhadap pasukan di darat.

Selain itu, latihan itu juga bertujuan untuk melatih koordinasi antar komponen pasukan, serta respons terhadap situasi yang mungkin terjadi di lapangan.

Maruli juga menambahkan latihan itu juga bertujuan untuk memastikan kesiapan personel menghadapi tugas-tugasnya secara profesional, serta menguasai alutsista yang diawakinya.

Dengan rangkaian latihan itu, dia berharap seluruh pasukan penerbangan angkatan darat nantinya bisa menjalankan tugas dengan maksimal.

Untuk diketahui, latihan hari ini melibatkan personel dan alutsista udara milik Puspenerbad yang terdiri dari dua unit Helikopter Apache AH 64E, tiga unit Helikopter Fennec AS 550 C3, dua unit Helikopter Bell 412, dan satu unit Helikopter MI 17 V5.

Setelah meninjau latihan secara langsung, Maruli beserta jajaran TNI AD menyerahkan bantuan sosial kepada masyarakat yang tinggal di sekitar daerah latihan, serta melaksanakan penanaman bibit pohon tanaman buah.

Pewarta: Walda Marison
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024