Jakarta (ANTARA) - Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Artis Penyanyi, Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia (DPP PAPPRI) menyebut bahwa musik mempunyai kekuatan unik untuk memperkuat persatuan bangsa yang terbentuk dalam keberagaman.

“Melalui musik, semangat patriotisme dan nasionalisme akan terus tumbuh sehingga eksistensi dan ketahanan bangsa akan dapat dipertahankan. Inilah pentingnya peran dan posisi musik dalam gerakan kebangsaan Indonesia,” kata Ketua Umum PAPPRI Tony Wenas dalam gelar wicara Hari Musik Nasional yang diikuti di Jakarta, Selasa.

Tony menuturkan penggalan lirik yang disusun dalam sebuah lagu dapat dimasukkan pesan-pesan yang berbau kebangsaan. Dengan hal-hal yang melekat pada identitas bangsa seperti budaya dan keberagaman yang ada, musik dapat diterima dengan penuh suka cita oleh masyarakat, khususnya oleh anak-anak muda.

Baca juga: Psikolog: musik dan lagu pengaruhi kembang tahap usia anak-anak

Lewat penyesuaian tersebut para musisi juga dapat menjadikan musik sebagai wadah untuk menjaga semangat nasionalisme dan patriotisme tetap menyala.

Sebagai organisasi yang mewadahi para artis, penyanyi hingga pemusik Tanah Air, PAPPRI mempunyai peran penting dalam mendorong perbaikan ekosistem musik di tanah air, yakni menginisiasi dan mendorong penetapan Hari Musik Nasional berkepentingan memanfaatkan momentum Hari Musik Nasional untuk lebih menggerakkan kesadaran dan apresiasi segenap elemen masyarakat mengenai pentingnya musik dalam keseharian, untuk masa depan serta menjaga kesatuan dan persatuan.

Maka dari itu, sebagai bentuk konkret dari kekuatan dan solidnya peran musisi Indonesia baik secara kualitas maupun kuantitas, pada Sabtu 9 Maret pukul 14.00-17.30 WIB DPP PAPPRI akan merayakan Hari Musik Nasional ke-21 dengan menggelar sebuah konser bertajuk "Konser Musik Untuk Semua" di Auditorium Abdulrachman Saleh Radio Republik Indonesia (RRI), Jakarta.

Sekretaris Jenderal PAPPRI Dwiki Dharmawan menambahkan konser ditujukan sebagai langkah untuk mencapai cita-cita besar, yaitu mengajak segenap rakyat Indonesia bernyanyi di setiap perayaan Hari Musik Nasional.

Dwiki menyebut banyak penyanyi dan grup musik akan tampil memeriahkan konser itu, seperti Once Mekel, Andy Rif, Kaka Slank, Saykoji, Che Cupumanik, Syaharani, Netta KD, Monita Tahalea, Ita Purnamasari, Ikke Nurjanah, Dwiki Dharmawan, Yovie Widiyanto, Candra Darusman, Adi Adrian, Andre Hehanusa, Marcel Siahaan, Husein Alatas, Barry Likumahuwa, Dira Sugandi, Sundari dan Intan Soekotjo.

Artis lain yang ikut memeriahkan konser itu yakni Tony Wenas, Keenan Nasution, Makara, Faye Risakota, Anna Cassandra, Rina Nose, Novalinda Kolobonso, Rizki Ablah, Sandy Canester, Rayen Pono, 3 Composers, Mansen Munthe, Jimmo, Eka Deli, Konspirasi, Methosa, Lantun Orchestra, Jimbo and Prodigy, Kadri Mohamad, Lita Zen dan Dudy Oris.

Baca juga: Teknologi mempermudah akses bermusik dan distribusi karya

Baca juga: Hari musik nasional, ini tiga vokalis idola Armand Maulana

Baca juga: Hari Musik Nasional jadi momentum benahi industri musik Indonesia


Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024