Banyuwangi (ANTARA) - Tim Pencarian dan Pertolongan atau Search and Rescue (SAR) gabungan Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa, menemukan warga negara asing (WNA) asal Australia dalam kondisi meninggal dunia setelah sehari sebelumnya dinyatakan hilang tenggelam saat berselancar di Pantai Grajagan.

Koordinator Pos SAR Banyuwangi Wahyu Setia Budi mengatakan tim SAR gabungan terdiri atas Basarnas, BPBD, TNI/Polri, dan lainnya berhasil menemukan Gunther Henry Kitzler (56) dalam kondisi meninggal sekitar 5 kilometer dari lokasi kejadian di Pantai Grajagan, di Desa/Kecamatan Grajagan.

Baca juga: WNA Australia tenggelam saat berselancar di Pantai Grajagan Banyuwangi

"Pada hari kedua pencarian sekitar pukul 09:00 WIB, tim SAR gabungan menemukan wisatawan asal Australia tersebut sudah meninggal," katanya saat dihubungi di Banyuwangi, Selasa.

Setelah tim SAR gabungan menemukan korban, lanjut Wahyu, selanjutnya jenazah warga negara asing asal Negeri Kanguru itu dibawa ke RSUD Blambangan.

"Kami imbau masyarakat tetap berhati-hati saat berselancar maupun mandi di laut," kata Wahyu.

WNA asal Australia Gunther Henry Kitzler tenggelam dan dinyatakan hilang saat berselancar di Pantai Grajagan pada Senin (5/3) pagi.

Korban tenggelam terseret ombak saat bermain selancar bersama dua temannya, Kingston Christhoper Max dan Gregor.

Baca juga: SAR Banyuwangi perluas pencarian korban kapal tenggelam dihempas ombak

Baca juga: Korban kapal nelayan tenggelam di Banyuwangi menjadi empat orang


Semula Gunther dan Gregor tiba di Pantai Grajagan pada Senin pagi sekitar pukul 05.30 WIB dan korban berselancar lebih awal. Tidak lama kemudian Gregor dan Christhoper melihat papan selancar Gunther mengapung di permukaan air laut.

Kedua rekan korban itu berusaha memberikan pertolongan dengan menarik korban ke tepi pantai, tapi usaha itu sia-sia karena gulungan ombak menghantam mereka dan korban hilang terbawa arus.

Pewarta: Novi Husdinariyanto
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024