Kami melakukan peningkatan kapasitas dan pengetahuan anggota dimas diajeng terkait potensi wisata untuk bahan materi berpromosi potensi daerah
Gunungkidul (ANTARA) - Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menggunakan peran Dimas Diajeng Gunungkidul untuk mempromosikan potensi wisata di wilayah ini supaya kunjungan wisatawan lebih optimal.

Kepala Bidang Pemasaran dan Kerja sama Dinas Pariwisata Gunungkidul Emy Nuraini di Gunungkidul, Rabu, mengatakan dispar berupaya melakukan promosi pariwisata berbagai terobosan diterapkan untuk semakin menarik minat wisatawan berkunjung ke kabupaten Gunungkidul, salah satunya melalui dimas diajeng.

"Kami melakukan peningkatan kapasitas dan pengetahuan anggota dimas diajeng terkait potensi wisata untuk bahan materi berpromosi potensi daerah," kata Emy.

Ia mengatakan Kabupaten Gunungkidul menyimpan potensi besar di sektor pariwisata untuk dikembangkan. Saat ini, objek-objek wisata di Gunungkidul semakin dilirik sebagai destinasi wisata baru di DIY. Selain bekerja sama dengan beberapa pihak, Dispar juga mengoptimalkan potensi dimas diajeng untuk menjadi promotor pariwisata.

"Jaringan yang dimiliki oleh anggota dimas diajeng tentunya cukup luas, baik secara nyata maupun di media sosial. Untuk itu, kami berupaya semaksimal mungkin agar putra putri daerah ini untuk turut mempromosikan potensi pariwisata yang dimiliki Gunungkidul," katanya.

Namun demikian, kata Emy, dimas diajeng harus mengikuti kegiatan peningkatan kualitas. Beberapa kegiatan untuk mengasah kemampuan mereka berpromosi dilakukan bersama. Termasuk dengan pengenalan-pengenalan beberapa hal yang berkaitan dengan kepariwisataan, dan potensi-potensi yang dimiliki Gunungkidul.

Kegiatan pembinaan dimas diajeng meliputi pelatihan publik speaking, budaya ksatria, integrasi organisasi kepemudaan dan kepemimpinan, jemparingan, entrepreneurship dan materi tentang keistimewaan.

“Kegiatan pembinaan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas sumber daya manusia (SDM) dimas diajeng selaku duta wisata Kabupaten Gunungkidul,” katanya.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan setelah peningkatan kualitas dan kapasitas dimas diajeng mampu meningkatkan citra positif wisata di Gunungkidul. Tak hanya itu, diharapkan juga mampu memperkenalkan wisata di Gunungkidul dengan cakupan yang lebih luas lagi.

“Harapannya kegiatan ini menjadi awal dalam memberikan kontribusi positif untuk mempromosikan potensi yang ada di Kabupaten Gunungkidul,” katanya.

Baca juga: Dispar Gunungkidul buat panduan kunjungan wisata dampak Siklon Anggrek

Baca juga: Pemkab Gunungkidul penyesuaian tarif objek wisata mulai 1 Januari

Pewarta: Sutarmi
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024