Serang (ANTARA) -
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini kewaspadaan pada enam daerah di wilayah Banten yang berpotensi dilanda cuaca ekstrem berupa hujan lebat disertai angin kencang dan petir, Rabu.

Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG, Stasiun Meteorologi Maritim Kelas I Serang, Banten, Tatang di Serang, Rabu, mengatakan peringatan kewaspadaan dini dikeluarkan untuk mengurangi risiko bencana agar tidak menimbulkan korban jiwa maupun kerusakan material yang lebih besar.

Sebab potensi hujan lebat disertai angin kencang dan petir berpeluang menimbulkan bencana hidrometeorologi seperti banjir, longsor, pergerakan tanah, angin puting beliung, dan gelombang tinggi.

Baca juga: BMKG: Waspada peningkatan curah hujan di sebagian wilayah RI

Ia menyebutkan enam daerah di wilayah Banten yang berpotensi dilanda cuaca buruk itu antara lain Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, dan Kabupaten Serang. Untuk Kota Serang dan Kota Cilegon relatif aman dari ancaman cuaca ekstrem tersebut.

Pada pagi dan siang hari di wilayah Banten dan sekitarnya berpotensi berawan juga hujan intensitas ringan dan sedang dengan suhu udara 23 - 33 derajat Celsius.

Tingkat kelembapan udara 60-95 persen dan angin bergerak dari arah barat daya hingga barat dengan kecepatan 05-30 kilometer per jam.

BMKG juga mengeluarkan peringatan dini dan kewaspadaan terhadap keselamatan pelaku pelayaran.

Baca juga: Waspadai hujan disertai petir dan angin di sejumlah wilayah Jakarta

Peringatan khususnya berlaku untuk perahu nelayan dan kapal tongkang yang melintasi perairan selatan Banten, Selat Sunda bagian selatan, dan Samudera Hindia.

Tinggi gelombang diperkirakan mencapai 1,25-2,50 meter (sedang) di pesisir Kabupaten Lebak dan Pandeglang.

Sementara itu penyeberangan Merak (Banten) menuju Bakauheni (Lampung) yang menggunakan pelayaran kapal feri dengan melintasi Perairan Selat Sunda bagian utara relatif aman dan normal dengan tinggi gelombang 1,25 meter (rendah).

Baca juga: BMKG: Waspada gelombang tinggi 2,5 meter di selatan Banten

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024