"Dengan adanya dukungan dari seluruh pihak terkait, diharapkan proses rekapitulasi dapat berjalan dengan transparan dan akurat, menciptakan hasil yang dapat dipercaya oleh seluruh masyarakat Maluku Utara,"
Ternate (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Maluku Utara (Malut) berharap agar proses pleno rekapitulasi hasil pemilu serentak tahun 2024 di tingkat KPU Malut dapat berjalan secara aman dan demokratis.

"Dengan adanya dukungan dari seluruh pihak terkait, diharapkan proses rekapitulasi dapat berjalan dengan transparan dan akurat, menciptakan hasil yang dapat dipercaya oleh seluruh masyarakat Maluku Utara," kata Kabid Humas Polda Malut AKBP Bambang Suharyono di Ternate, Rabu.

Dia menjelaskan, dalam pleno rekapitulasi dihadiri Kapolda Malut Irjen Pol Midi Siswoko bersama seluruh Forkompimda tidak hanya sebagai perwakilan kepolisian, tetapi juga sebagai bagian dari koordinasi dengan seluruh pihak terkait.

Menurut dia, Kapolda Malut dalam penyampaian memastikan bahwa Polda Malut siap Lakukan Pengamanan rapat pleno rekapitulasi tingkat provinsi berjalan aman dan lancar sesuai dengan yang di rencanakan.dengan menyiapkan pengamanan berlapis oleh Personil yang di libatkan dalam operasi Mantab Brata.

"Kehadiran Kapolda Malut dalam acara pembukaan rapat pleno tingkat provinsi ini menunjukkan komitmen dan keterlibatan aktif pihak kepolisian dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat selama proses demokrasi berlangsung," katanya.

Selain itu, dengan menghadiri kegiatan ini, Kapolda Maluku Utara juga memberikan dukungan moral kepada seluruh peserta rapat pleno, mencerminkan peran aktif kepolisian dalam mendukung jalannya Pemilu 2024 secara adil dan damai di wilayahnya.

Sebelumnya, Kapolda Maluku Utara Irjen Pol. Midi Siswoko, S.I.K, turut hadir pada kegiatan pembukaan rapat pleno rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara tingkat Provinsi Maluku Utara.bertempat di Ballroom Hotel Bela Internasional Ternate. Selasa kemarin.

Acara tersebut dihadiri juga oleh Wakaplda Malut Brigjen Pol. Samudi, S.I.K., M.H dan seluruh Pejabat Utama Polda Malut serta dari Forkopimda Maluku Utara atau yang mewakili.

Dalam Pelaksanaannya dijadwalkan berlangsung mulai tanggal 5 hingga 10 Maret 2024.dengan mempertimbangkan bahwa tanggal 11 Maret 2024 akan memasuki bulan suci Ramadhan, diharapkan pelaksanaan rapat pleno dapat berjalan lancar tanpa kendala.

Untuk itu, Polda Malut, meminta semua pihak, khususnya para peserta Pemilu untuk menjaga keamanan dan ketertiban terutama saat rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Perhitungan dan Perolehan Suara pemilu tahun 2024.

"Imbauan itu disampaikan, karena masih adanya terjadi kericuhan yang di beberapa kabupaten dan kota di Malut pada saat menggelar Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Perhitungan dan Perolehan Suara yang dilakukan oleh KPU beberapa terakhir masing - masing daerah," katanya.

KPU Malut sendiri telah menggelar rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Perhitungan dan Perolehan Suara pemilu tahun 2024 pada Selasa (05/03) sore hingga 10 Maret 2024.

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024