membangun kolaborasi dan sinergi yang lebih erat di antara pengantar kerja
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) memperkuat kualitas para pengantar kerja di Indonesia dalam kegiatan Community of Practice (CoP) yang berkolaborasi dengan Japan International Cooperation Agency (JICA).

"Kegiatan ini tidak hanya menjadi forum berbagi pengetahuan dan pengalaman tetapi juga wadah untuk membangun kolaborasi dan sinergi yang lebih erat di antara pengantar kerja," kata Plt. Dirjen Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja (Binapenta dan PKK) Kemnaker Haiyani Rumondang dalam keterangan diterima di Jakarta, Rabu.

Ia menjelaskan kegiatan CoP yang diadakan di Jakarta pada Selasa kemarin (5/3) itu merupakan pola pengembangan kompetensi pengantar kerja berbasis komunitas. Kegiatan tersebut merupakan hasil kolaborasi antara Kemnaker dengan JICA dalam program Joint Collaboration of Employment Placement Official Services Competency Development.

Baca juga: Kemnaker bekali Pengantar Kerja pelatihan bantu masyarakat dapat kerja
Baca juga: Kemenaker: Penyusunan Pengantar Kerja penting identifikasi SDM


Dalam CoP para pengantar kerja memiliki kesempatan untuk mengembangkan keterampilan melalui partisipasi aktif, inovasi dan peningkatan kinerja, membangun kolaborasi dan jaringan profesional serta meningkatkan motivasi dan keterlibatan anggota.

"Kemnaker akan terus mendorong saudara-saudara sekalian untuk terus tumbuh dan berkembang menjadi aparatur pemerintah yang kompeten dalam menjalankan fungsinya, serta mampu membangun jejaring dan berkolaborasi secara optimal," katanya.

Kegiatan CoP sendiri akan berlangsung selama lima kali, dengan saat ini telah menginjak sesi ketiga. Dalam kegiatan terbaru dibahas berbagai tema terkait layanan penempatan ketenagakerjaan di Hello Work Jepang.

Adapun narasumber dalam kegiatan ini berasal dari Ministry Health, Labour and Welfare (MHLW) Jepang, Sharoushi Federation Jepang, JICA Indonesia Labour Policy Advisor dan Direktorat Bina Pengantar Kerja Kemnaker.

Baca juga: Kemnaker luncurkan kembali aplikasi pengantar kerja
Baca juga: Kemnaker tegaskan peran penting pengantar kerja untuk program JKP
Baca juga: Pejabat Fungsional Pengantar Kerja diminta adaptif perkembangan zaman


Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024