Riset itu yang paling murah dari perguruan tinggi. Jadi kalau kita tidak memanfaatkan perguruan tinggi untuk melakukan riset maka sebuah kesalahan bangsa ini
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menjalin kerja sama dengan Universitas Padjadjaran (Unpad) dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), penerapan hasil penelitian, hingga pemberdayaan masyarakat kelautan dan perikanan.
 
“Ini tugas dan fungsinya perguruan tinggi untuk melakukan penelitian dan riset yang mendalam. Tadi sudah ada penandatangan MoU antara KKP dengan Unpad. Harapan saya tidak hanya dengan Unpad, tapi dengan seluruh fakultas kelautan dan perikanan Indonesia,” ujar Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.
 
Ia berharap keterlibatan mahasiswa melalui kerja sama dengan perguruan tinggi serta inovasi yang dihasilkan dapat berdampak pada keberhasilan pelaksanaan program ekonomi biru di tengah masyarakat.
 
Program ekonomi biru, tambah dia, dibuat untuk memastikan pemanfaatan sumber daya perikanan dilakukan secara terukur sehingga keberlanjutan tetap terjaga.

Dari sisi ekonomi, tujuannya menghadirkan pemerataan pembangunan dan kesejahteraan bagi masyarakat pesisir, serta menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya bagi masyarakat.

Baca juga: Menteri Trenggono Beberkan Pentingnya Ekonomi Biru di Kampus Biru

Baca juga: KKP lakukan penilaian pemutihan karang di kawasan konservasi
 
“Harapan saya dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan atau FPIK akan betul-betul dikaji, didalami dan di-'eksplore' sampai keluar riset baru. Indonesia harus bisa menjadi juara di bidang budidaya. Riset itu yang paling murah dari perguruan tinggi. Jadi kalau kita tidak memanfaatkan perguruan tinggi untuk melakukan riset maka sebuah kesalahan bangsa ini,” katanya.

Dalam kuliah umum di Unpad Bandung, Trenggono turut berharap mahasiswa untuk berinovasi dan berkarya sebagai bentuk membangun ketahanan pangan, pasalnya seiring dengan peningkatan populasi manusia maka kebutuhan protein meningkat.

Bahkan, pada tahun 2035, populasi manusia secara global diprediksi mencapai 8,8 miliar orang dapat menyebabkan terjadinya peningkatan kebutuhan protein sebanyak 49 persen, sementara di Indonesia, kebutuhan protein diprediksi meningkat 56 persen dibanding tahun 2019.
 
Sementara itu, Rektor Unpad Rina Indiastuti menyambut baik jalinan kerja sama dengan KKP. Menurutnya, tujuan KKP sejalan dengan pola ilmiah pokok Unpad sebagai landasan kerja dan fungsi pendidikan tinggi.

Baca juga: KKP amankan satu unit kapal berbendera Malaysia di Selat Malaka

Baca juga: KKP tingkatkan pelayanan lewat peninjauan standard pelayanan KKPRL
 

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024