Tujuannya tidak lain untuk membuka konektivitas warga Cikarang di Meikarta ini ke berbagai rute. Untuk di Meikarta kami pasang empat unit bus dulu sampai nanti okupansi sudah baik penuh kami akan tambah lagi
Kabupaten Bekasi (ANTARA) - Wilayah perkotaan Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, mempunyai rute bus baru guna memudahkan akses masyarakat menuju berbagai lokasi sekaligus mendukung kebijakan pemerintah terkait penggunaan mode transportasi umum.

Rute terbaru armada bus itu menghubungkan Cikarang dengan sejumlah titik mulai stasiun kereta ringan (LRT) City Bekasi, Karawang, Blok M Jakarta, hingga BSD Serpong dengan halte utama di Distrik 1 Meikarta.

"Tujuannya tidak lain untuk membuka konektivitas warga Cikarang di Meikarta ini ke berbagai rute. Untuk di Meikarta kami pasang empat unit bus dulu sampai nanti okupansi sudah baik penuh kami akan tambah lagi," kata Manager Operasional Aoshuttle Benaya Fajar Novandi, Rabu.

Dia mengatakan empat rute yang disiapkan yakni Meikarta-Grand Outlet Karawang, Meikarta-BSD Serpong, Meikarta-LRT City Bekasi, dan Meikarta-Blok M. Seluruh rute diberangkatkan empat kali sehari, kecuali tujuan Karawang yang berangkat dua kali sehari.
Armada bus Aoshuttle Benaya mulai melayani penumpang usai dibuka secara resmi di Distrik 1 Meikarta, Desa Cibatu, Kecamatan Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi, Rabu. (ANTARA/Pradita Kurniawan Syah).
Seluruh rute ditetapkan satu harga Rp30.000 untuk sekali perjalanan dengan pemesanan daring. "Seluruh pesanan bisa dilakukan secara online, tapi bisa juga on the spot dengan perbedaan harga Rp5.000 atau jadi Rp35.000," ucap dia.

Melalui konsep pul ke pul, pemberangkatan bus dilakukan rutin setiap jam. "Kapasitas bus ada yang 50, 30, dan 14 tempat duduk. Sistemnya shuttle per jam, tidak bergantung si penumpang, penumpang tidak ada tetap jalan," katanya.

Presiden Direktur Meikarta Indra Azwar mengatakan keempat rute itu dipilih karena mobilitas warga Cikarang ke wilayah-wilayah tersebut dinilai tinggi sehingga difasilitasi mode transportasi. Trayek ini dibuka untuk memudahkan konektivitas warga antar wilayah.

"Tujuan utama dari kerja sama ini semata-mata memenuhi kebutuhan transportasi penghuni, pengunjung, maupun karyawan. Selama ini, itu menjadi satu masalah yang perlu kami penuhi. Halte bus di kawasan Distrik 1 Meikarta juga dimungkinkan melayani karyawan dari perusahaan, kawasan industri, maupun masyarakat umum," katanya.

Pihaknya telah menyediakan kantung parkir di setiap halte untuk memudahkan masyarakat menitipkan kendaraan pribadi sekaligus memberikan kenyamanan bagi pengguna mode transportasi ini.

"Jadi mendorong masyarakat untuk menggunakan transportasi umum agar meminimalisir kemacetan lalu lintas di wilayah DKI Jakarta dan sekitar. Dan juga fasilitas pendukungnya, termasuk kantung parkir," kata dia.

Baca juga: Cikarang segera miliki kota baru di lahan seluas 500 ha

Baca juga: KRL Cikarang-Jakarta Kota mulai beroperasi 8 Oktober


 

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024