langkah apresiasi atas upaya nyata GI BEI dalam mempersiapkan masyarakat Indonesia untuk menghadapi tantangan keuangan di masa depan
Jakarta (ANTARA) -
Direktur Teknologi Informasi dan Manajemen Risiko Bursa Efek Indonesia (BEI) Sunandar menyampaikan Penghargaan Galeri Investasi BEI (GI BEI) merupakan bagian dari komitmen untuk meningkatkan literasi generasi muda terkait pasar modal Indonesia.

“Penghargaan ini merupakan langkah apresiasi atas upaya nyata GI BEI dalam mempersiapkan masyarakat Indonesia untuk menghadapi tantangan keuangan di masa depan,” ujar Sunandar dalam acara bertajuk “Karena Urusan Masa Depan, Harus Terdepan” di Jakarta, Rabu.

Sunandar menjelaskan, penghargaan diberikan kepada GI BEI, dengan nominasi dipilih dari 43 GI BEI dari seluruh Indonesia.

"Terdapat delapan kategori Penghargaan GI BEI yang penilaiannya dilakukan berdasarkan aktivitas GI BEI selama satu tahun, dari 1 Januari sampai 31 Desember 2023," ujar Sunandar.

Ia menjelaskan terdapat tiga kategori utama. Pertama, GI BEI Teraktif dengan Kategori Aktivitas Edukasi dan Pemerataan Informasi yang dimenangkan secara berurutan oleh GI BEI UIN Raden Fatah Palembang yang menyelenggarakan 806 kegiatan, GI BEI Politeknik Negeri Sriwijaya dengan 610 kegiatan, dan GI BEI Universitas Negeri Padang dengan 484 kegiatan.

Kategori utama kedua, yaitu GI BEI Teraktif dengan Kategori Penambahan Jumlah Rekening Efek yang dimenangkan secara berurutan oleh GI BEI Politeknik Negeri Ujung Pandang dengan penambahan investor baru dalam setahun sebanyak 764 Single Investor Identification (SID), diikuti oleh GI BEI Universitas Sam Ratulangi dengan 763 SID, dan GI BEI Universitas Nasional dengan 613 SID.

Kemudian kategori utama ketiga, yaitu GI BEI Teraktif dengan Kategori Nilai Transaksi, dimenangkan oleh GI BEI Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trisakti (Rp3,02 triliun), GI BEI Politeknik Bisnis dan Pasar Modal (Rp2,14 triliun), serta GI BEI Universitas Dian Nusantara (Rp80,46 miliar).

Dalam kesempatan ini, Direktur Pengembangan BEI Jeffrey Hendrik juga mengumumkan pemenang Kompetisi Duta Pasar Modal (DPM) BEI 2023 sampai Kuartal I- 2024, yang diikuti oleh 2.070 DPM BEI dari 155 GI BEI di seluruh Indonesia.

Kompetisi dilakukan atas 631 kegiatan dengan 544.395 peserta edukasi dan dibagi menjadi dua kategori, yaitu Edukasi Tatap Muka dan Edukasi Media Sosial.

Terdapat 20 pemenang yang akan mendapatkan apresiasi berupa beasiswa dan penyelenggaraannya akan berlangsung setiap tiga bulan yang diakhiri
dengan Kompetisi Tahunan DPM BEI pada Oktober 2024.

Melalui acara Penghargaan GI BEI ini, Jeffrey berharap dapat memberikan semangat kepada Pengurus GI BEI untuk terus memberikan edukasi dan pemahaman tentang pasar modal kepada generasi muda Indonesia, melalui kolaborasi bersama BEI, Perguruan Tinggi/Sekolah, dan Anggota Bursa Mitra.

"Hal ini tentunya sejalan dengan kampanye #AkuInvestorSaham yang memiliki pesan kebanggaan, inklusivitas, dan kemajuan bagi para investor dan calon investor saham karena urusan masa depan, harus terdepan," ujar Jeffrey.


Baca juga: Galeri Investasi BEI gelar 12.575 edukasi ke 696.992 peserta di 2023
Baca juga: BEI ungkap 17 perusahaan antre IPO di pasar modal Indonesia
Baca juga: Direktur BEI : Bursa Karbon bidik 96 pengguna jasa di akhir 2024

Pewarta: Muhammad Heriyanto
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024