Kepemimpinan di kancah regional akan menjadi kesempatan untuk lebih mengenalkan industri maritim Tanah Air ......
Badung (ANTARA) - Ketua Umum Federation of ASEAN Shipowners Association (FASA) atau organisasi pengusaha pelayaran, Carmelia Hartarto mengatakan kepemimpinan Indonesia di FASA pada periode 2024-2025 menjadi kesempatan untuk meningkatkan peran di sektor industri pelayaran regional khususnya di ASEAN.

“Kepemimpinan di kancah regional akan menjadi kesempatan untuk lebih mengenalkan industri maritim Tanah Air kepada para delegasi negara anggota ASEAN dan Asia," kata dia saat pertemuan tahunan FASA di Kabupaten Badung, Bali, Rabu.

"Kepemimpinan di FASA dan nantinya di Asian Shipwoners Association (ASA) juga akan menjadi kesempatan Indonesia untuk berkontribusi lebih besar bagi kemajuan industri pelayaran dan maritim di tingkat regional Asia,” katanya.

Baca juga: Kemenhub gelar "boarding officer" untuk keselamatan pelayaran

Carmelita yang juga Ketua Indonesian National Shipowners Association (INSA) itu mengatakan penyelenggaraan pertemuan 60th Executive Committee Meeting & 49th Annual General Meeting (AGM) FASA di Bali turut membawa manfaat bagi Indonesia dalam penguatan beyond cabotage.

Menurutnya, sudah banyak perusahaan pelayaran nasional yang melayani rute internasional dengan berbagai macam komoditas yang diangkut.

Dengan menunjukkan kepemimpinan yang baik dari asosiasi pelayaran Indonesia di pertemuan besar ini, diharapkan ada peningkatan kerja sama antar-anggota yang memacu para eksportir semakin banyak menggunakan jasa kapal nasional untuk kegiatan ekspornya.

Ia menjelaskan pertemuan FASA yang dihadiri oleh delegasi perwakilan asosiasi pelayaran dari negara-negara ASEAN anggota FASA dan para pemilik kapal nasional itu membahas berbagai isu krusial menyangkut industri pelayaran regional dan global, seperti dekarbonisasi, dan green shipping.

“Forum ini menjadi kesempatan kami untuk berbagi informasi, berbagi praktik terbaik, meningkatkan kerja sama antara pelayaran di ASEAN serta saling berbagi informasi untuk mencari solusi atas setiap tantangan dan persoalan pelayaran di ASEAN,” ujarnya dia.

Baca juga: KPLP berperan aktif menjaga keselamatan pelayaran di Indonesia

Carmelita Hartoto menambahkan pertemuan FASA di Bali juga dapat dimanfaatkan oleh para delegasi negara anggota FASA dan pelaku usaha pelayaran di ASEAN untuk saling berjejaring.

“Peluang bisnis dan peningkatan kerja sama pelayaran antara sesama anggota FASA di ASEAN itu menyangkut, dukungan dalam pembiayaan pengadaan kapal, asuransi kapal, dan galangan kapal,” kata dia.

Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024