Jakarta (ANTARA) - Pejabat pemerintah Amerika Serikat dan Republik Indonesia memperkuat komitmen untuk bekerja sama mengatasi berbagai tantangan yang muncul di abad ke-21 dalam rangka perayaan 75 tahun hubungan diplomatik kedua negara.

"Saat kita merayakan persahabatan yang mendalam, kemitraan yang erat, dan 75 tahun hubungan diplomatik, kami berkomitmen untuk bekerja sama mengatasi tantangan-tantangan yang muncul di abad ke-21 dan mewujudkan masa depan yang lebih baik bagi warga negara kita," kata Kuasa Usaha Ad Interim Kedutaan Besar AS Michael F. Kleine dalam keterangan resmi di Jakarta, Rabu.

AS dan Indonesia mengangkat tema “Keberagaman, Demokrasi, Kemakmuran" pada perayaan bersama 75 tahun. Peringatan tersebut meningkatkan sebuah kemitraan yang berakar pada nilai-nilai bersama, termasuk keberagaman dan demokrasi, dalam mendukung stabilitas dan kemakmuran yang luas.

Direktur Jenderal Amerika dan Eropa Kementerian Luar Negeri RI, Dubes Umar Hadi menyampaikan bahwa dengam memperingati nilai-nilai keberagaman, demokrasi, dan kemakmuran melalui peringatan 75 tahun, Amerika Serikat dan Indonesia menegaskan kembali kemitraan dan dedikasi berkelanjutan kedua negara.

“Untuk mendorong dunia di mana keberagaman dirayakan, demokrasi dijunjung tinggi, dan kemakmuran dimiliki oleh semua orang," kata Dubes Umar Hadi.

Senada, Wakil Asisten Menteri Luar Negeri AS Melissa A. Brown, yang mengepalai Kantor Urusan Maritim Asia Tenggara dan Kantor Urusan Daratan Asia Tenggara di Washington, DC menyebutkan bahwa Amerika Serikat terus meningkatkan kemitraan yang berakar pada nilai-nilai bersama, mendukung stabilitas dan kemakmuran yang luas.

“Ada banyak hal yang dapat dicapai bersama sebagai dua negara demokrasi dengan keberagaman, menciptakan masa depan yang sejahtera bagi generasi mendatang masyarakat Indonesia dan Amerika,” ucapnya.

Sedangkan Direktur Jenderal Badan Strategi Kebijakan Luar Negeri Kementerian Luar Negeri Yayan GH Mulyana menjelaskan, AS dan Indonesia kini memiliki kemitraan strategis dan komprehensif. Hal itu mencerminkan kedalaman komitmen dan kedalaman investasi dari rasa saling menghormati dan kerja sama tidak hanya bagi kedua negara tetapi juga melampaui kedua negara hingga kawasan termasuk Asia Tenggara dan Indo-Pasifik.

Adapun perayaan ke-75 tahun hubungan AS-Indonesia akan menampilkan acara-acara publik, program pertukaran, dan lomba-lomba khusus sepanjang tahun 2024 yang menekankan pada nilai-nilai dan tujuan bersama, serta menyoroti kerja sama yang mencakup keamanan, ekonomi, pendidikan, iklim, dan hubungan antar masyarakat.

Baca juga: FPCI sebut negara mitra Asia Tenggara harus perkuat strategi diplomasi
Baca juga: Indonesia dan Amerika Serikat jajaki kerja sama pengembangan AI
Baca juga: Indonesia berharap resolusi Majelis Umum PBB soal Gaza sadarkan AS

 

Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Azis Kurmala
Copyright © ANTARA 2024