Jayapura (ANTARA) -
Asosiasi Peternak Ayam Petelur se-tanah Tabi menyiapkan satu juta telur ayam untuk memenuhi kebutuhan di wilayah Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Keerom dan Sarmi serta tiga Daerah Otonomi Baru (DOB) selama bulan Ramadhan.
 
Wakil Ketua Asosiasi Peternak Ayam Petelur di Papua Johny Nofriady di Jayapura, Rabu, mengatakan saat ini stok telur ayam bisa surplus sehingga masyarakat tidak khawatir.
 
"Stok telur di wilayah Papua aman dan tidak perlu khawatir karena kami sudah swasembada untuk satu juta butir telur ayam.
 
Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan Papua, Debora Salosa mengatakan jumlah peternak ayam ras petelur lokal cukup banyak.
 
Jumlah produksinya juga mencapai 80 persen dari total kebutuhan konsumsi masyarakat," katanya.
 
Menurut Debora, jika pihaknya menghitung dengan cermat jumlah produksi telur lokal dan kebutuhan.
 
"Hanya saja saat ini para peternak ayam ras petelur lokal terkendala dengan terbatasnya pakan karena kondisi tersebut berdampak naiknya harga telur ayam lokal, sementara harga telur luar daerah jauh lebih murah," ujarnya.
 
Dia menjelaskan ke depan pihaknya bersama instansi terkait lainnya untuk membahas hal tersebut sehingga ada solusi dari permasalahan mengenai pakan ayam petelur di Provinsi Papua.


Baca juga: Pemprov Papua meningkatkan pengawasan telur ayam ras dari luar daerah

 

Pewarta: Qadri Pratiwi
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2024