Jakarta (ANTARA) - Pengurus Besar Persatuan Golf Indonesia (PB PGI) mengonfirmasi bahwa dua atlet golf putri andalan akan berkompetisi dalam kejuaraan golf The Hana Financial Group Singapore Women's Open 2024 di Singapura.

"Pegolf yang tampil dalam ajang tersebut adalah pegolf amatir Indonesia Elaine Widjaja dan Patricia Sinolungan yang telah berstatus sebagai pegolf profesional," demikian keterangan dari PB PGI seperti dikutip dari akun resmi instagram @pb.pgi, di Jakarta, Kamis.

Turnamen yang dikhususkan untuk pengembangan pegolf putri di Asia Pasifik itu berlangsung di Tanah Merah Country Club Singapura, 7-10 Maret.

Sebanyak 102 pegolf akan bersaing dalam kompetisi tersebut termasuk beberapa pegolf top dari Singapore Golf Association (SGA) dan Korean Ladies Professional Golf Association (KLPGA).

Para pegolf dari berbagai negara di kawasan Asia Pasifik akan saling mengadu keterampilan dalam turnamen berhadiah total 1,1 juta dolar AS itu.

Selain menjadi bagian dari ajang Ladies Asian Tour Series, turnamen ini akan menjadi pembuka musim KLPGA tour sekaligus mengakhiri dua pekan ajang golf putri terbaik di Singapura.

PB PGI meminta doa dan dukungan dari masyarakat Indonesia agar dua pegolf putri yang dikirim ke kompetisi tersebut mampu meraih hasil optimal sekaligus mengharumkan Merah Putih di kancah mancanegara.

"Mari bersama terus berjuang untuk mewujudkan prestasi golf Indonesia ke tingkat yang lebih mendunia," ujarnya.

Baca juga: Ko bertekad juara dunia golf tiga kali berturut-turut di Singapura

Sebelumnya, Kepala Bidang Kejuaraan dan Prestasi Pengurus Besar PGI Adi Saksono secara terpisah mengatakan upaya PB PGI mengikutsertakan atlet golf hingga kejuaraan di tingkat mancanegara merupakan bagian dari pembinaan untuk meningkatkan kualitas atlet.

Semakin banyak kejuaraan yang diikuti maka akan semakin menambah jam terbang atau pengalaman atlet sehingga bisa terus membenahi kemampuannya untuk menjadi yang terbaik.

Dari sisi pembinaan atlet secara nasional, kata Adi, PB PGI juga telah menambah intensitas perhelatan kejuaraan nasional (kejurnas) dari sebelumnya satu kali menjadi tiga kali dalam setahun mulai 2024.

"Kami ingin golf semakin dikenal berbagai kalangan masyarakat agar muncul potensi-potensi baru yang bisa mengangkat prestasi hingga ke tingkat mancanegara," pungkasnya.

Baca juga: Atlet golf cetak tiga rekor dalam kejurnas junior

Baca juga: Sportel Bali 2024 suguhkan kompetisi golf dan triathlon

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024