Jakarta (ANTARA) - Otoritas Pariwisata Arab Saudi (Saudi Tourism Authority/STA) mempopulerkan daya tarik berwisata di Arab Saudi saat pameran ke Indonesia dalam acara Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) bertajuk "Astindo Travel Fair 2024" di Tangerang, Banten, Kamis (29/2) hingga Minggu (3/3). 
 
"Arab Saudi menawarkan pengalaman wisata yang beragam untuk menjawab preferensi setiap wisatawan Indonesia, mulai dari 10.000 situs arkeologi, tujuh situs Warisan Dunia UNESCO, destinasi wisata luxury, hingga pertandingan Formula 1 Saudi Arabian Grand Prix 2024 yang akan digelar Musim Dingin ini," tulis perwakilan Otoritas Pariwisata Arab Saudi Shazlin Ahmad, dalam siaran pers yang dikutip di Jakarta, Kamis.

Pada 2023, Saudi telah menerima lebih dari 100 juta kunjungan wisatawan global. Jumlah tersebut meningkat sebesar 156 persen dibandingkan 2019, ketika program "Visit Saudi 2030" dicetuskan. Arab Saudi juga telah mendapatkan pengakuan sebagai salah satu tujuan wisata dengan pertumbuhan tercepat di dunia, seperti dilansir oleh World Tourism Organization (UNWTO) dalam laporan Barometer 2024.

Baca juga: Melancong ke luar negeri semakin diminati
 
Untuk mengunjungi Arab Saudi bagi masyarakat Indonesia, pengajuan permohonan tidak hanya visa umrah, namun bisa juga visa liburan, transit, atau "visa on arrival".

Pemegang paspor Indonesia yang memiliki visa kunjungan UK atau Schengen juga berhak mendapatkan "visa on arrival" atau "visa kunjungan saat kedatangan" di Arab Saudi.

Selain itu, visa transit 96 jam yang baru diluncurkan pun memungkinkan pengunjung yang bepergian dengan maskapai Saudia dan Flynas untuk menikmati Arab Saudi hingga 96 jam sebelum melanjutkan perjalanan.
 
Masyarakat Indonesia dapat mengajukan visa umrah melalui agen perjalanan umrah tesertifikasi di Indonesia atau mengajukan visa liburan melalui kantor "Visa Facilitating Services (VFS) Tasheer" di Indonesia. Visa berlaku selama 90 hari dan wisatawan dengan salah satu dari visa itu (visa liburan atau visa umrah) dapat mengunjungi seluruh Arab Saudi, tidak hanya terbatas ke Jeddah, Mekkah, dan Madinah.
 
Lebih lanjut, sektor penerbangan Arab Saudi turut berperan sebagai pemain kunci dan pintu gerbang untuk mengeksplorasi kekayaan budaya negara itu. Kapasitas maskapai penerbangan, utamanya tiga maskapai utama – Saudia, Lion Air, dan Garuda Indonesia, telah meningkat lebih dari 20 persen sepanjang 2019 hingga 2023. Frekuensi penerbangan akan terus ditambah untuk memenuhi permintaan yang kian meningkat. 

Baca juga: Ingin hemat anggaran saat berlibur ke luar negeri? Begini caranya

Arab Saudi menawarkan pengalaman wisata yang beragam untuk menjawab preferensi setiap wisatawan Indonesia, mulai dari budaya, sejarah, petualangan atau alam, termasuk:
 
Pertama, Tujuh Situs Warisan Dunia UNESCO, Arab Saudi menjadi rumah bagi lebih dari 10.000 situs arkeologi dan tujuh situs Warisan Dunia UNESCO – Uruq Bani Ma'arid (2023); Ḥimā Cultural Area (2021); Oasis Al-Ahsa (2018); Rock Art di Hail Region (2015); Historic Jeddah, the Gate to Makkah (2014); At-Turaif District di ad-Dir'iyah (2010); Hegra Archaeological Site (al-Hijr / Madā in Ṣāliḥ) (2008) – atraksi menawan ini dipilih atas nilai universal yang luar biasa, signifikansi budaya, dan keindahan alamnya.
 
Kedua, destinasi wisata mewah ("luxury") - "Red Sea", pionir destinasi wisata "luxury" dengan tempat relaksasi spektakuler berupa resor kelas dunia bagi wisatawan untuk menikmati kemewahan, eksklusivitas, dan pengalaman unik dalam suasana keindahan yang menakjubkan. Pembukaan destinasi wisata "luxury" itu tahap pertamanya sudah dimulai, mencakup "St. Regis Red Sea Resort" dan "Six Senses Southern Dunes".
 
Ketiga, destinasi wisata musim dingin, Arab Saudi berkembang cepat menjadi tujuan wisata Musim Dingin yang paling banyak dikunjungi di dunia dengan 17.000 acara yang akan berlangsung pada musim dingin ini, mulai dari Formula 1 Saudi Arabian Grand Prix 2024 hingga Festival FEI World Cup Equestarian dan Alula Skies Festival. 
 
Pemusik Arab Saudi menghibur pengunjung pameran Astindo Travel Fair 2024 dengan memainkan Ganoun di Tangerang, Banten, Kamis (29/2/2024). ANTARA/HO-Humas Otoritas Pariwisata Arab Saudi

Baca juga: Mau berlibur ke luar negeri, perhatikan 5 hal berikut

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024