Usulan armada bantuan ini telah mendapatkan tanggapan dari pemerintah pusat
Nagan Raya, Aceh (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, kembali mengusulkan penambahan bantuan armada angkutan darat perintis kepada Kementerian Perhubungan sebagai upaya memudahkan masyarakat mengakses layanan transportasi publik.

"Usulan armada bantuan ini telah mendapatkan tanggapan dari pemerintah pusat," kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Nagan Raya Efliyanto kepada ANTARA di Suka Makmue, Aceh, Kamis.

Ia menyebutkan usulan penambahan armada perintis tersebut saat ini sedang dilakukan survei oleh Badan Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas ll Aceh, terhadap rute yang sudah diusulkan yaitu Alue Bilie-Pulo Kruet, Kecamatan Darul Makmur.

Sebelumnya, pada awal Februari 2024, Pemkab Nagan Raya telah meresmikan layanan operasional minibus angkutan perintis yang melayani rute Blang Puuk, Kecamatan Beutong Ateuh Banggalang-Ujong Fatihah, Kecamatan Kuala.

Minibus bantuan tersebut diserahkan Kementerian Perhubungan melalui BPTD Kelas ll Aceh.

Minibus bantuan itu diusulkan ke Kementerian Perhubungan melalui Direktur Jenderal Perhubungan Darat pada 29 September 2023 sebagai upaya pemerintah daerah membantu masyarakat mendapatkan akses layanan transportasi publik ke wilayah pedalaman dan terisolir.

Efliyanto mengatakan usulan bantuan tambahan angkutan perintis tersebut bertujuan untuk membantu masyarakat yang memerlukan adanya layanan transportasi publik dari desa menuju ke pusat kecamatan dan ibu kota kabupaten.

Mengingat selama ini di kawasan Darul Makmur belum terlayani angkutan umum untuk melayani ke wilayah pedesaan sehingga menghambat aktivitas ekonomi masyarakat.

Dengan adanya usulan penambahan angkutan perintis ini, diharapkan dapat membantu masyarakat mendapatkan akses layanan transportasi publik guna mendukung perekonomian masyarakat dan menjual aneka hasil perkebunan, pertanian, dan palawija.

"Semoga nantinya proposal yang sudah kita usulkan dapat diterima dan dipenuhi oleh pemerintah pusat," kata Efliyanto.

Sebelumnya, Penjabat Bupati Nagan Raya Fitriany Farhas mengatakan pihaknya terus memaksimalkan layanan angkutan darat perintis menggunakan armada Perum Damri, sebagai upaya melayani masyarakat di kawasan terpencil.

Minibus itu melayani rute Blang Puuk-Ujong Fatihah dengan satu kali perjalanan pulang pergi setiap hari. Harga tiket ditetapkan sebesar Rp15 ribu per penumpang untuk sekali jalan.

Baca juga: Pemkab Nagan Raya alihkan bantuan rumah untuk pemberdayaan ekonomi
Baca juga: UMKM Ramadhan Fair Nagan Raya Aceh raup Rp500 juta

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024