Pengamanan tanaman jagung ini bertujuan untuk membantu masyarakat peternak, dalam mendapatkan pakan ternak dengan harga yang lebih terjangkau
Nagan Raya (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagan Raya, Provinsi Aceh melakukan penanaman tanaman jagung di areal seluas tiga hektare, berlokasi di Kawasan Industri Terpadu (KIT) Padang Turi, Kecamatan Kuala Pesisir, kabupaten setempat.

“Pengamanan tanaman jagung ini bertujuan untuk membantu masyarakat peternak, dalam mendapatkan pakan ternak dengan harga yang lebih terjangkau,” kata Penjabat Bupati Nagan Raya, Aceh, Fitriany Farhas di Suka Makmue, Kamis.

Fitriany mengatakan penanaman jagung di lahan kosong tersebut dilakukan sebagai upaya pemerintah daerah, untuk menjadikan tanaman tersebut sebagai kebun jagung pakan ternak bagi masyarakat.

Ia memperkirakan, tanaman jagung di areal seluas tiga hektare tersebut akan menghasilkan tanaman jagung sebanyak 21 ton atau sekitar tujuh ton per hektare.

Fitriany mengatakan langkah ini dilakukan pemerintah daerah, selain membantu peternak, juga sebagai upaya pemerintah daerah dalam mengendalikan angka inflasi.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Nagan Raya, Aceh, drh Safridhal mengatakan tanaman jagung pakan yang telah ditanami tersebut nantinya akan dipasarkan ke masyarakat peternak di Kabupaten Nagan Raya.

“Prioritas kami adalah memenuhi kebutuhan pakan ternak bagi kelompok binaan dinas,” kata Safridhal.

Safridhal mengatakan, Pemkab Nagan Raya akan melakukan upaya maksimal demi membantu ketersediaan pakan ternak di masyarakat.

Dengan adanya penanaman jagung pakan tersebut, pemerintah daerah mengharapkan harga pakan ternak dapat stabil serta dapat membantu peternak dalam meningkatkan usaha peternakan, kata Safridhal.

Baca juga: Pemkab Nagan Raya Aceh usulkan bantuan angkutan perintis ke Kemenhub

Baca juga: Realisasi investasi di Nagan Raya Aceh pada 2023 capai Rp3,7 triliun

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024