Ramadhan selalu menjadi momentum yang pas untuk mempererat silaturahim kita, memperkokoh ukhuwah Islamiyah, persaudaraan antarumat Islam, persaudaraan antarsesama bangsa, dan persaudaraan antarsesama manusia
Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengatakan Ramadhan 1445H/2024 merupakan momentum yang tepat untuk memperkokoh semangat persaudaraan kebangsaan usai dinamika yang terjadi selama gelaran Pemilu 2024.

"Ramadhan selalu menjadi momentum yang pas untuk mempererat silaturahim kita, memperkokoh ukhuwah Islamiyah, persaudaraan antarumat Islam, persaudaraan antarsesama bangsa, dan persaudaraan antarsesama manusia," kata Wapres Ma'ruf Amin saat menyampaikan sambutan dalam acara Tahrib Ramadhan Setwapres yang diikuti dalam jaringan di Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan bangsa Indonesia adalah bangsa yang majemuk. Keadaan itu, lanjutnya, harus disadari serta disyukuri bersama dengan cara merawatnya hingga menjadi sebuah kekayaan yang membanggakan.

"Bangsa Indonesia baru saja melewati gelaran pesta demokrasi Pemilu 2024. Alhamdulillah, Pemilu 2004 terlaksana dengan aman dan damai," kata Wapres Ma'ruf Amin.

Baca juga: Wapres ajak kaum Muslim sambut Ramadhan untuk raih insan takwa

Wapres mengatakan pemilu pasti melahirkan perbedaan pilihan dan pandangan, tapi masyarakat tidak boleh membiarkan pemilu menjadi alasan retaknya tali persaudaraan antara sesama Muslim dan sesama bangsa.

Menurut Wapres, tali persaudaraan yang kuat merupakan modal yang sangat dibutuhkan oleh bangsa Indonesia untuk terus bergerak maju menghadapi aneka tantangan dan persoalan di antara beragam ketidakpastian.

"Manusia tidak dapat mengetahui masa depan, namun kita mesti terus berikhtiar dan berbaik sangka terhadap segala ketetapan Allah Subhanahu Wa Ta'ala (SWT)," ujar Wapres Ma'ruf Amin.

Wapres mengajak masyarakat untuk menyelipkan doa saat beribadah Ramadhan untuk keselamatan dan kemajuan Indonesia.

Baca juga: Wapres sebut Ramadhan momentum tingkatkan kualitas diri

Kepada para peserta Tahrib Ramadhan, Wapres mengajak untuk memanfaatkan momentum Ramadhan sebagai sarana perenungan diri serta mengevaluasi seluruh kelebihan dan kekurangan yang terjadi.

"Apalagi manusia dikatakan oleh Allah, manusia itu diciptakan dalam keadaan lemah sehingga kita perlu bergantung kepada Allah, berlindung kepada Allah," kata Wapres Ma'ruf Amin.

Tahrib Ramadhan Setwapres 1445 Hijriah digelar di Pondok Pesantren Al Jauhari Garut, Jawa Barat, sebagai sarana silaturahmi para pegawai di lingkungan Sekretariat Wakil Presiden, Kementerian Sekretariat Negara, dan Sekretariat Kabinet, dalam rangka menyambut Ramadhan tahun ini.

Baca juga: Wapres Ma'ruf berpesan pemimpin terpilih rangkul semua pihak

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024