Dengan lahirnya pendekatan ekonomi hijau pasti nanti akan muncul pekerjaan-pekerjaan baru yakni pekerjaan hijau
Jakarta (ANTARA) - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengungkapkan green jobs atau pekerjaan hijau dalam model pembangunan ekonomi hijau menjadi peluang bagi para lulusan sekolah-sekolah vokasi di Indonesia.
 
Peneliti Kebijakan Publik BRIN Renny Savitri mengatakan pekerjaan hijau membutuhkan keterampilan-keterampilan baru untuk mencegah peningkatan emisi gas rumah kaca dan perubahan iklim.
 
"Pekerjaan hijau itu membutuhkan keahlian dasar berupa analisa data dan informasi, berpikir kreatif, menginterpretasikan informasi untuk orang lain, kapabilitas interpersonal, melatih dan mendampingi orang lain yang dikombinasikan dengan pengetahuan khusus mengenai keberlanjutan, dan life-cycle analysis," ujarnya dalam paparan riset yang dipantau di Jakarta, Kamis.
 
Renny menuturkan orang-orang yang melakukan pekerjaan hijau harus punya keterampilan hijau untuk mendukung operasi bisnis yang berkelanjutan dan hemat sumber daya, karena perusahaan fokus terhadap pengurangan jejak karbon atau gas emisi yang mereka hasilkan.

Baca juga: Bappenas susun peta jalan pengembangan SDM untuk pekerjaan hijau
 
Melalui riset tentang pendidikan vokasi dan pengembangan keahlian untuk ekonomi biru, ekonomi hijau, dan ekonomi digital pada tahun 2023, BRIN meneliti beberapa sekolah vokasi di Indonesia yang menyiapkan siswa-siswi mereka untuk masuk ke pekerjaan hijau.
 
Beberapa sekolah itu antara lain SMK Negeri 2 Banjarbaru, SMK Negeri 3 Mataram, SMK Negeri 1 Salam di Magelang, SMK Negeri Pertanian Pacet di Cianjur, dan SMK Negeri Pertanian Terpadu Riau.
 
Penguatan pendidikan vokasi, termasuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bertujuan untuk menjawab momentum bonus demografi. Apalagi sebagian besar peminat SMK berasal dari kelas ekonomi bawah hingga menengah.
 
Renny menuturkan model ekonomi hijau berperan untuk menggantikan model ekonomi hitam yang boros konsumsi bahan bakar fosil, batu bara, serta gas alam.

Baca juga: Riset Suma UI: 98 persen mahasiswa tertarik pekerjaan hijau
 
Intervensi pembangunan ekonomi hijau berfokus kepada tiga hal yakni mitigasi perubahan iklim, penghematan energi fosil, dan penciptaan lapangan kerja berbasis pekerjaan hijau.
 
"Dengan lahirnya pendekatan ekonomi hijau pasti nanti akan muncul pekerjaan-pekerjaan baru yakni pekerjaan hijau," ujar Renny.
 
Menurutnya, pekerjaan hijau memiliki prospek yang cukup cerah karena berbagai pekerjaan baru muncul akibat krisis iklim tersebut. Beberapa pekerjaan hijau antara lain spesialis Energi Baru Terbarukan (EBT), teknisi EBT), hingga manajer keberlanjutan.

Baca juga: Indonesia-Jerman kembangkan pekerjaan hijau sektor energi terbarukan

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024