Pada tahun ini, kami menjadikan Babel sebagai titik pertama penerbitan sertifikat halal produk UMKM.
Pangkalpinang (ANTARA) - Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia menjadikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebagai titik awal penertiban sertifikat halal produk usaha mikro kecil menengah di Indonesia.

"Pada tahun ini, kami menjadikan Babel sebagai titik pertama penerbitan sertifikat halal produk UMKM," kata Deputi Bidang Usaha Mikro Kemenkop dan UKM Yulius saat membuka Sosialisasi Mandatory Halal dan Fasilitas 1.000 Sertifikasi Halal di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan Kepulauan Babel menjadi titik awal penerbitan 1.000 sertifikat halal produk UMKM ini, karena Negeri Serumpun Sebalai ini pernah menjadi tuan rumah Kongres Halal Internasional yang diikuti 15 negara pada Juni 2022.

"Kenapa kami memilih Babel sebagai titik awal penertiban 1.000 sertifikat halal, karena provinsi memiliki pulau besar yang berbeda dan ini sangat baik serta Babel pernah menjadi tuan rumah kongres halal internasional," katanya.

Baca juga: Pemerintah mewajibkan sertifikat halal produk usaha 17 Oktober 2024 

Ia menyatakan pada 2024 ini, Kementerian Koperasi dan UKM akan melaksanakan penerbitan 1.000 sertifikat halal produk UMKM di 15 provinsi di Indonesia, sebagai langkah pemerintah meningkatkan kualitas produk UMKM yang berdaya saing di pasar global.

"Kami berharap kegiatan hari ini dapat menjadi pemicu bagi daerah-daerah lainnya untuk membantu pelaku UMKM mensertifikathalalkan produknya," katanya.

Menurut dia kata kunci keberhasilan ini adalah koordinasi dan kolaborasi. "Tidak mungkin kita akan berhasil jika kita sendiri sendiri dalam bekerja. Jika saling berkoordinasi, berkolaborasi dan membantu tentunya kita bisa mengetahui dan menutupi kekurangan kekurangan dalam bekerja," katanya.

Baca juga: Wakil Ketua MPR: Kewajiban Sertifikasi halal jangan beratkan UMKM

Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Kepulauan Babel Naziarto mengucapkan terima kasih kepada Menteri Koperasi dan UKM yang menjadikan Babel sebagai titik awal pelaksanaan program 1.000 sertifikat halal.

"Kami atas nama Pemprov Kepulauan Babel mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Koperasi dan UKM yang menjadikan tanah melayu ini sebagai titik awal penerbitan program sertifikat halal tahun ini," katanya. 

Pewarta: Aprionis
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024