Agen BRI Link menerima biaya layanan tidak kurang dari Rp3 triliun atau lebih dari dua kali lipat dibandingkan yang diterima oleh perseroan
Jakarta (ANTARA) - Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Sunarso menyampaikan transaksi yang dilayani 741 ribu agen BRI Link di seluruh Indonesia mencapai Rp1.400 triliun per tahun.

"Volume transaksi di agen BRI Link itu setahun mencapai Rp1.400 triliun. Mungkin publik bertanya-tanya itu BRI dapat fee (biaya layanan) berapa? Nah, saya buka saja, BRI dapat fee sekitar Rp1,3 triliun dari agen BRI Link itu," ujarnya di Jakarta, Kamis.

Sementara itu, agen BRI Link menerima biaya layanan tidak kurang dari Rp3 triliun atau lebih dari dua kali lipat dibandingkan yang diterima oleh perseroan.

Menurutnya, volume transaksi dan biaya layanan yang besar tersebut menarik dan mendorong antusiasme masyarakat untuk menjadi agen BRI Link.

"Nanti, kalau berkunjung ke daerah-daerah, kadang-kadang (para agen) tidak menulis (memasang papan nama sebagai) 'agen BRI Link'. Mereka bilangnya ‘ATM mini’," katanya.

Sunarso mengatakan bahwa penggunaan istilah "ATM mini" tersebut merupakan salah satu upaya transformasi untuk membuat masyarakat lebih familier dengan layanan BRI Link.

Ia berharap bahwa layanan BRI Link dapat mendorong pertumbuhan perekonomian nasional secara merata di seluruh wilayah.

Selain meningkatkan layanan BRI Link, BRI juga mendukung ketahanan ekonomi nasional melalui pembinaan Desa BRILiaN.

"Alhamdulillah, kita sudah membina lebih dari 3.800 Desa BRILiaN. Dan Desa BRILiaN ini selalu kita motivasi melalui segala perlombaan. Juara satunya kita kasih hadiah Rp1 miliar untuk memperkuat perputaran ekonominya," ucapnya.

Di samping itu, Sunarso juga mengatakan bahwa pihaknya memberikan perhatian kepada UMKM untuk naik kelas.

Ia menyampaikan bahwa BRI telah memiliki aplikasi untuk memantau perkembangan setiap UMKM di kelas ultramikro, mikro, kecil, maupun menengah.

"Alhamdulillah, sekarang sudah 1,2 juta UMKM yang naik kelas," ujarnya.

Baca juga: Transaksi ATM Link kena biaya, BRI: Tak ada ketentuan yang dilanggar
Baca juga: BRI dapat fee based income Rp1,5 triliun dari transaksi AgenBRILink
Baca juga: BRIlink perluas literasi keuangan di wilayah 3T 


Pewarta: Uyu Septiyati Liman
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024