Purwokerto (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 5 Purwokerto menyiapkan empat kereta api tambahan untuk dioperasikan pada masa Angkutan Lebaran 2024 yang akan berlangsung selama 22 hari mulai tanggal 31 Maret hingga 19 April.

"Keempat KA tambahan ini merupakan KA-KA keberangkatan awal Daop 5 Purwokerto dengan tujuan Jakarta maupun Bandung," kata Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto Feni Novida Saragih di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Kamis sore.

Dia mengatakan keempat KA tambahan tersebut terdiri atas KA Kutojaya Utara Tambahan relasi Kutoarjo-Pasar Senen untuk keberangkatan tanggal 31 Maret hingga 21 April, KA Purwojaya Tambahan relasi Cilacap-Gambir untuk keberangkatan tanggal 31 Maret hingga 21 April 2024.

Selanjutnya, KA Kutojaya Selatan Tambahan relasi Kutoarjo-Kiaracondong untuk keberangkatan tanggal 31 Maret hingga 21 April dan KA Malioboro Ekspres relasi Purwokerto-Malang untuk keberangkatan tanggal 31 Maret hingga 21 April 2024.

"Hadirnya KA-KA tambahan ini menunjukkan kesiapan KAI Purwokerto dalam menyediakan sarana transportasi bagi pelanggan yang ingin melakukan perjalanan pada masa Lebaran, serta wujud komitmen KAI untuk melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya," katanya.

Kendati demikian, dia mengimbau calon penumpang kereta api untuk lebih teliti dalam memilih rute dan memasukkan tanggal keberangkatan maupun data diri saat melakukan pemesanan tiket.

"Rencanakan perjalanan sebaik mungkin termasuk estimasi waktu perjalanan menuju ke stasiun agar tidak tertinggal kereta," katanya menegaskan.

Selain empat KA tambahan tersebut, kata dia, sebanyak 10 KA tambahan dari Daop lain yang akan melintas dan melayani penumpang di wilayah KAI Purwokerto.

Dia mengatakan 10 KA tambahan tersebut terdiri atas KA 7001A Taksaka Tambahan relasi Yogyakarta-Gambir, KA 7002A Taksaka Tambahan relasi Gambir-Yogyakarta, KA 7004A Taksaka Tambahan Gambir-Yogyakarta untuk keberangkatan tanggal 31 Maret hingga 21 April 2024.

Selanjutnya KA 7003A Taksaka Tambahan relasi Yogyakarta-Gambir untuk keberangkatan tanggal 30 Maret hingga 21 April, serta KA 7015 Manahan Tambahan relasi Solo Balapan-Gambir dan KA 7016 Manahan Tambahan relasi Gambir-Solo Balapan untuk keberangkatan tanggal 1-21 April 2024.

Kemudian KA 79F Manahan relasi Solo Balapan-Gambir, KA 82F Manahan relasi Gambir-Solo Balapan, KA 80F Manahan relasi Gambir-Solo Balapan, dan KA 81F Manahan relasi Solo Balapan-Gambir untuk keberangkatan tanggal 1-21 April 2024.

"KAI Purwokerto telah membuka pemesanan tiket KA Tambahan Lebaran Tahap Pertama sejak Rabu (6/3). Tiket KA tambahan tersebut dapat dipesan melalui aplikasi Access by KAI, laman kai.id, dan seluruh kanal penjualan online resmi lainnya, sedangkan loket di stasiun hanya melayani penjualan tiket go show mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api," katanya.

Dia mengatakan berdasarkan data per hari Kamis (7/3), KAI Purwokerto mencatat sebanyak 114.400 tiket Angkutan Lebaran 2024 telah dipesan atau 44,3 persen dari total 257.104 tempat duduk yang disediakan.

"Kami mengimbau apabila masyarakat membeli tiket agar tidak melalui pihak-pihak yang membebankan tambahan bea yang tidak wajar. Masyarakat diharapkan selalu berhati-hati dengan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dengan memanfaatkan momentum penjualan tiket lebaran," kata Feni.

Baca juga: DJKA sebut 964 kereta sudah diperiksa kelaikan jelang mudik Lebaran
Baca juga: Sri Mulyani ungkap APBN salurkan Rp9,43 miliar untuk PSO KA Lebaran
Baca juga: Daop Jember operasikan kembali KA Mutiata Timur jelang Lebaran

 

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024