Kami berterima kasih atas kesempatan ini dan berkomitmen untuk bersama-sama menciptakan lingkungan yang inklusif dan mendukung bagi semua orang
Makassar (ANTARA) - Universitas Hasanuddin dan Organization for Women in Science for Developing World (OWSD) - Indonesia National Chapter sepakat untuk menjalin kerja sama dalam memperjuangkan kesetaraan gender dalam sains.

Kesepakatan itu diresmikan melalui penandatanganan memorandum of understanding (MoU) antara Rektor Unhas Prof Dr Ir Jamaluddin Jompa MSc dan Presiden OWSD - Indonesia National Chapter II Sri Fatmawati, SSi., MSc PhD di Makassar, Kamis.

Baca juga: Unpatti gelar olimpiade sains tingkatkan kualitas pendidikan gen Z

Sri Fatmawati, menyampaikan kolaborasi ini menjadi tonggak penting dalam upaya OWSD untuk memperjuangkan kesetaraan gender dalam dunia sains dan teknologi.

Ia menyakini kolaborasi ini dapat memberikan dukungan yang lebih besar bagi para perempuan dalam mengejar karier dan menghasilkan kontribusi yang berarti dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Kami berterima kasih atas kesempatan ini dan berkomitmen untuk bersama-sama menciptakan lingkungan yang inklusif dan mendukung bagi semua orang,"ujarnya.

Rektor Unhas Prof Dr Ir Jamaluddin Jompa MSc menyampaikan kerja sama ini tidak hanya akan memperkuat Tri Dharma Perguruan Tinggi, tetapi juga akan memberikan kontribusi positif bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan perempuan dalam bidang sains di Indonesia.

Baca juga: IAIH NW Lombok Timur jalin kerjasama dengan Universitas Malaysia

"Kami yakin kolaborasi akan memberikan manfaat yang besar bagi pengembangan akademik dan riset di Unhas serta di Indonesia secara keseluruhan," jelasnya.

Organization for Women in Science for Developing World (OWSD) adalah organisasi internasional yang didirikan pada tahun 1987 dan berpusat di kantor The World Academy of Sciences (TWAS) di Trieste, Italia. Ini adalah unit program UNESCO.

OWSD sebagai forum internasional pertama yang mempertemukan ilmuwan perempuan terkemuka dari negara berkembang dan maju dengan tujuan memperkuat peran mereka dalam proses pembangunan dan meningkatkan keterwakilan mereka dalam kepemimpinan ilmiah dan teknologi.

OWSD memberikan pelatihan penelitian, pengembangan karir dan peluang jaringan bagi ilmuwan perempuan di seluruh negara berkembang pada berbagai tahap karir mereka.

Baca juga: Pemkot Surakarta siapkan satu lagi objek wisata untuk masyarakat

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024