kolaborasi ini akan memberikan dampak positif yang besar dalam pengembangan pengetahuan dan penelitian
Mataram (ANTARA) - Institut Agama Islam Hamzanwadi (IAIH) NW Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat menjalin kerjasama dengan Universiti Sains Islam Malaysia.

Rektor IAIH NW, TGKH Zainuddin Atsani, mengatakan bahwa sudah saatnya kampus IAIH NW Lombok Timur menjalin kerja sama internasional.

"Hal ini untuk meningkatkan reputasi kampus tidak hanya di level nasional namun juga internasional," ujarnya dalam keterangan tertulis diterima di Mataram, Kamis.

Penandatanganan kerja sama ini dilakukan
Rektor Universiti Sains Islam Malaysia, Prof Datuk Tan Sri Sharifuddin Mohammad Sha’rani bersama Rektor Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Lombok Timur, TGKH Muhammad Zainuddin Atsani, di ruang musyawarah canselori USIM (Rektorat) Malaysia.

Adapun kerjasama USIM dan IAIH ini, di antaranya kolaborasi publikasi ilmiah, pertukaran mahasiswa, pelaksanaan konferensi ilmiah, dan pengabdian masyarakat.

Baca juga: Universitas Malaysia-Pemprov Kaltim jajaki kerja sama tingkatkan SDM
Baca juga: Pemprov Riau jajaki kerja sama dengan Universitas Teknologi Petronas


Zainuddin Atsani mengatakan dalam kerjasama ini pihaknya bersama USIM merencanakan untuk melibatkan mahasiswa dalam pertukaran mahasiswa.

"Alhamdulillah, IAIH-USIM sepakat melakukan pertukaran mahasiswa untuk pengabdian. Ya, kita optimis bisa laksanakan program ini mulai tahun ini," ucap Zainuddin Atsani.

Karena itu, pertukaran mahasiswa diharapkan tidak hanya memperkaya pengalaman akademis mahasiswa, tetapi juga memperluas pengalaman mereka dalam konteks internasional.

"Rencana ini diharapkan dapat menciptakan platform dinamis untuk pertukaran ide, budaya, dan pengalaman, demi mendukung visi kedua institusi dalam menciptakan lingkungan akademis yang beragam dan inklusif," terang Atsani.

Baca juga: NTB jalin kerja sama dengan 18 universitas di Malaysia
Baca juga: UBK jajaki kerjasama dengan Universitas Malaysia

Rektor Universiti Sains Islam Malaysia, Prof Datuk Tan Sri Sharifuddin Mohammad Sha’rani mengaku bersyukur dan merespon positif bisa menjalin kerja sama dengan IAIH NW Lombok Timur, yang digawangi TGKH. Muhammad Zainuddin Atsani.

IAIH diundang untuk mengikuti International Congres on Leadership, Management, Counseling, and Religion.

"Pak Kiai Rektor, boleh utus lima orang pelajar (mahasiswa) untuk kongres internasional gabungan tentang kepemimpinan, manajemen, konseling, dan agama," ujarnya.

Dalam kerja sama ini USIM menawarkan untuk berkolaborasi dalam penulisan ilmiah. Pihaknya mengusulkan kemitraan dalam penyusunan bab buku dan publikasi artikel ilmiah pada jurnal internasional yang ter-indeks Scopus bersama Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Lombok Timur.

Tawaran ini menjadi langkah strategis dalam memperdalam kerja sama dan menghadirkan peluang bagi kedua institusi untuk berbagi pengetahuan dan menciptakan kontribusi signifikan dalam ranah akademis.

"Dengan semangat kerja sama yang terus tumbuh, harapannya kolaborasi ini akan memberikan dampak positif yang besar dalam pengembangan pengetahuan dan penelitian," katanya.

Baca juga: Unhas dan Universitas Malaya Kerja Sama Sejarah
Baca juga: Universitas Muslim Musantara Kerjasama Dengan MiCoST Malaysia

Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024