Suatu kebanggaan bagi ULM yang mendapatkan kesempatan bisa bekerja sama dengan UPSI yang sudah berumur satu abad sejak pendiriannya tahun 1922
Banjarmasin (ANTARA) - Universitas Lambung Mangkurat (ULM) dan Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI) berkolaborasi untuk memperkuat kerja sama pendidikan Indonesia-Malaysia dengan meningkatkan pengembangan penelitian, studi banding, pertukaran mahasiswa dan dosen, pelatihan kolaboratif serta magang.

"Kerja sama internasional dengan universitas terkemuka di Malaysia ini pastinya bisa membawa manfaat yang luar biasa terhadap kedua belah pihak terutama memperkuat hubungan kedua negara di bidang pendidikan," kata Rektor ULM Prof Ahmad Alim Bachri di Banjarmasin, Selasa.

Rektor mengaku suatu kebanggaan bagi ULM yang mendapatkan kesempatan bisa bekerja sama dengan UPSI yang sudah berumur satu abad sejak pendiriannya tahun 1922.

Baca juga: ULM terima 128 mahasiswa PMM dari 69 perguruan tinggi di Indonesia

Menurut dia, usia bisa menjadi tolak ukur bagi sebuah perguruan tinggi atas kemampuan dan pengalamannya di dunia pendidikan.

Terlebih UPSI sebagai kampus negeri didirikan untuk menghasilkan para guru atau tenaga pendidik yang alumninya melaksanakan proses pendidikan untuk anak-anak bangsa Malaysia.

Rektor menyebut sebagaimana UPSI yang berfokus pada program pengembangan dunia pendidikan, ULM juga memiliki keunggulan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) yang menjadi fakultas terbesar dengan jumlah mahasiswa terbanyak.

Baca juga: ULM tempa 6.117 mahasiswa baru dengan semangat Wasaka

Apalagi ULM sebagai perguruan tinggi negeri (PTN) unggul dan terbaik di Pulau Kalimantan tahun ini mengirimkan mahasiswanya untuk mengajar anak-anak tenaga kerja Indonesia (TKI) di Malaysia dalam program kemanusiaan yang digagas Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) dengan INTI International University Malaysia.

"Jadi kerja sama ini semakin memperkokoh posisi ULM yang ikut berkontribusi dengan kemajuan pendidikan anak-anak bangsa di pulau Kalimantan termasuk di Malaysia sebagai negara serumpun," jelasnya.

Baca juga: Tim M2ReG ULM ciptakan alat filtrasi membran untuk air bersih

Pewarta: Firman
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023