Banjarmasin (ANTARA) - Universitas Lambung Mangkurat (ULM) di Kalimantan Selatan menerima sebanyak 96 mahasiswa dari 53 perguruan tinggi negeri (PTN) dan juga swasta dari berbagai wilayah di Indonesia dalam program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) tahun 2024.

"Jadi 96 mahasiswa ini kita bagi penempatannya di kampus Banjarmasin 73 orang dan kampus Banjarbaru 23 orang," kata Wakil Rektor I Bidang Akademik ULM Iwan Aflanie di Banjarmasin, Jumat.

Iwan menyatakan pihaknya akan optimal memberikan kesempatan kepada para mahasiswa itu untuk belajar dan menambah pengalaman di luar kelas.

Sesuai dengan tujuan dari dibentuknya program oleh kementerian yakni memperkuat wawasan kebangsaan dan rasa persatuan dan kesatuan serta nasionalisme, maka para mahasiswa tersebut akan lebih banyak diajak berinteraksi di luar kampus.

"Selama satu semester ke depan mereka kami kenalkan tentang kearifan lokal di Kalimantan Selatan melalui ragam seni budaya masyarakat termasuk adat istiadatnya," jelas Iwan.

Selain menerima mahasiswa dari perguruan tinggi lain, ULM juga telah mengirimkan 263 mahasiswanya ke 65 perguruan tinggi dalam program PMM batch 4 tahun 2024.

Program PMM menjadi salah satu program prioritas dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kemendikbudristek yang memberikan kesempatan mahasiswa untuk dapat menggunakan hak belajar di luar perguruan tinggi asal mereka.

Melalui PMM diharapkan dapat meningkatkan wawasan kebangsaan, cinta tanah air, dan memiliki pemahaman tentang kebhinekaan dan toleransi serta sebuah langkah transformasi perguruan tinggi yang tidak hanya menjadi tempat belajar mahasiswa di ruang kelas tetapi bertemunya ragam bahasa, budaya dan tradisi agar saling mengenal satu sama lain.

Baca juga: Dishut Kalsel minta ULM gali potensi ekonomi di lahan basah Kotabaru

Baca juga: KLHK: Dokumen ULM lengkap kelola 621 hektare mangrove Kotabaru

Baca juga: Prestasi mahasiswa ULM di Program MSIB capai tingkat nasional

Pewarta: Firman
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024