Di antaranya, penulisan jurnalistik, videografi, membuat konten di medsos dan mencari berita
Mataram (ANTARA) - Sepuluh mahasiswa Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Institut Agama Islam Hamzanwadi Nahdlatul Wathan (IAIH NW) Lombok Timur, praktik kerja di Lembaga Kantor Berita Nasional ANTARA Biro Nusa Tenggara Barat selama dua bulan sejak 29 Agustus 2022.

Kepala Biro LKBN ANTARA NTB, Riza Fahriza di Mataram, Selasa, menyatakan mahasiswa yang praktik kerja di ANTARA NTB nantinya mempraktikkan ilmu yang diperoleh selama di bangku kuliah.

"Di antaranya, penulisan jurnalistik, videografi, membuat konten di medsos dan mencari berita," katanya di saat acara serah terima mahasiswa/mahasiswi PKL IAIH NW oleh Yunita Indinabela selaku dosen pembimbing kampus tersebut.

Selain itu, kata dia, para mahasiswa akan meliput berita seperti bidang hukum dan kriminal sampai politik.

Baca juga: 17 mahasiswa Unismuh Makassar magang internasional di Thailand

Baca juga: Unand rancang program magang bersertifikat di media bagi mahasiswa


Sementara itu, Dosen pembimbing PKL mahasiswa IAIH NW Lotim, Yunita Indinabella menyampaikan terima kasih dan mengapresiasi LKBN ANTARA Biro NTB untuk memberikan edukasi kepada mahasiswanya.

"Selama ini mahasiswa hanya mendapatkan teori saja dan kurang dalam aspek praktik," katanya.

Ia mengharapkan melalui praktik kerja ini, mahasiswa dapat mempraktikkan ilmu komunikasi yang diperoleh selama di kampus. "Sekaligus menjadi bekal untuk masa depannya," katanya.

Pasalnya, kata dia, Jurusan KPI ini harus mengikuti selera zaman yakni saat ini tengah berada di era digital. "Sehingga para mahasiswa harus bisa mengikuti selera zaman ini, melalui kemampuan komunikasi digital," katanya.

Hal ini, ia menambahkan, sesuai dengan prinsip dari Rektor IAIH NW Maulana Syekh Tuan Guru Kyai Haji (TGKH) Lalu Gede Muhammad Zainuddin Atsani, "fisik sarjana, tapi hati tetap santri". "Mudah-mudahan mereka dapat menjalankan prinsip tersebut," katanya.

Baca juga: RRI buka program magang mahasiswa Kampus Merdeka

Baca juga: 3.291 mahasiswa jalani magang di BUMN









 

Pewarta: Salim*Ali*Asnia*Susi*Yunus
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022