Menjaga kelestarian alam ini menjadi tanggung jawab bersama
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu melepas ratusan benih kuda laut jenis hippocampus cuda dan hippocampus comes di perairan Pulau Tidung Kecil Kelurahan Pulau Tidung, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan.

"Kuda laut ini merupakan hasil budi daya yang dihasilkan dari proses pemijahan secara alami di wadah akuarium," kata Staf Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (Sudin KPKP) Kepulauan Seribu, Fauzi di Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan ada 300 ekor benih kuda laut yang dilepas untuk menjaga kelestarian biota dan ekosistem laut di daerah setempat.

Menurut dia, pelepasan benih kuda laut di perairan Pulau Tidung merupakan hasil kerja sama dengan Unit Pelaksana Teknis Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia dan SMK Negeri 61 Jakarta.

Baca juga: KKP targetkan ekspor kuda laut hingga 10.000 ekor pada tahun 2024

"Menjaga kelestarian alam ini menjadi tanggung jawab bersama. Untuk itu kami juga mengajak komunitas sekolah sebagai bagian dari edukasi," katanya.

Menurut dia, spesies kuda laut di perairan Kepulauan Seribu sudah sangat jarang ditemui dan perlu perlu dilakukan penambahan.
 
Petugas memilih indukan kuda laut untuk dibudidayakan di Laboratorium Balai Besar Perikanan Budidaya Laut (BBPBL) Lampung di Kabupaten Pesawaran, Lampung, Rabu (8/9/2021). Kepala BBPBL Lampung Ujang Komarudin menyatakan ada 2.000 ekor kuda laut hasil budidaya di Laboratorium BBPBL Lampung siap diekspor untuk memenuhi permintaan pasar. ANTARA FOTO/Ardiansyah/foc.

"Kelestarian habitat laut yang unik ini, kita harapkan juga bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan. Kalau wisatawan banyak datang, diharapkan kesejahteraan warga juga meningkat," kata dia.

Sementara Kepala SMK Negeri 61 Jakarta, Heru Puspito mengapresiasi kerja sama dalam melakukan budi daya kuda laut itu.

Baca juga: Balai Lampung: 2.000 benih kuda laut hasil budi daya siap diekspor

"Kegiatan ini menjadi salah satu program bagi pelajar atau taruna dalam meningkatkan keahlian di bidang agribisnis perikanan air payau dan laut," kata dia.

Ia menambahkan penyebaran benih kuda laut di perairan Pulau Tidung menjadi aksi nyata kepedulian terhadap lingkungan.

"Upaya menjaga atau merawat kelestarian lingkungan, termasuk di laut perlu ditanamkan kepada pelajar sebagai generasi masa depan bangsa," kata dia.

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024