Jakarta (ANTARA) - Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nezar Patria mendorong 150 pusat media kolaborasi untuk meningkatkan diseminasi informasi program dan kebijakan pemerintah kepada masyarakat.

"Jadi kekuatan ini perlu kita pikirkan, perlu kita renungkan juga apakah kita sudah maksimal dalam melakukan tugas-tugas komunikasi dan tugas-tugas penyebaran informasi,” kata Nezar dalam rilis pers, Kamis.

Hal itu disampaikannya dalam Anugerah Media Center (AMC) 2024 di Bandung Jawa Barat, Selasa (5/3).

Kementerian Komunikasi dan Informatika menjalin jejaring pengelolaan pusat media dengan kementerian, lembaga dan pemerintah daerah.

Baca juga: Pemprov Maluku raih peringkat I Anugerah Media Center 2024

Sebanyak 150 pusat media yang tersebar di pemerintah provinsi, kabupaten, dan kota telah bersinergi dengan Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo dalam pengelolaan konten dan diseminasi informasi mengenai kebijakan dan program pemerintah.

Menurut Nezar, jejaring pusat media telah menjadi "pabrik konten" besar di Indonesia. Terlebih, konten dalam bentuk berita maupun foto akan membantu masyarakat dalam mendefinisikan situasi atau realitas sosial, ekonomi, politik, budaya melalui ekosistem media setiap hari.

“Ada 150 Media Center yang dilaporkan oleh Bapak Dirjen IKP Usman Kansong, (terdiri atas) 8.000 konten berita dan 3.000 foto yang dihasilkan setiap bulan. Jadi sebetulnya kita adalah pabrik konten yang lumayan besar untuk ukuran produksi informasi di Republik ini,” kata dia.

Nezar menilai penyebaran informasi akan lebih optimal jika melibatkan media daring yang ada di daerah. Menurutnya, pemanfaatan media digital tidak terelakkan karena telah menjadi sumber informasi utama menggantikan media arus utama. 

“Bisa dibayangkan kalau satu pusat media di setiap kabupaten dan kota punya mitra media online yang saat ini jumlahnya di seluruh nusantara semakin banyak. Menurut Dewan Pers, ada 44 ribu media online di daerah-daerah. Nah, kita bisa bayangkan 8.000 konten berita diamplifikasi oleh puluhan ribu media online tadi,” ucap Nezar.

Baca juga: Dinas Kominfo Gianyar raih foto terbaik di ajang Anugerah Media Centre

Bahkan, Wamen Nezar juga mendorong adaptasi teknologi digital, khususnya platform media sosial agar mampu menjangkau dan memenuhi kebutuhan masyarakat. 

Di Indonesia, kata dia, 72,6 persen responden mendapatkan informasi dari media sosial.

Dalam rangkaian AMC 2024, Wamenkominfo meluncurkan Kominfo Newsroom. Kominfo Newsroom yang dikelola Direktorat Pengelolaan Media Ditjen Informasi Komunikasi Publik Kementerian Kominfo memiliki tujuh kanal yang terdiri atas Portal Indonesia (Indonesia.go.id), InfoPublik, GPR TV, Indonesia Baik, FMB9, Komunika, dan GPR News.

Kominfo Newsroom merupakan salah satu upaya memastikan akses informasi mudah diperoleh masyarakat hingga pelosok negeri.

Nezar mengatakan Kominfo Newsroom berperan memproduksi dan diseminasi informasi publik dengan visi dan misi memberikan kemudahan akses informasi yang aktual, akuntabel, dan tepercaya mengenai kebijakan program pemerintah baik kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah. 

“Hadirnya media center dan mitra Kominfo Newsroom lainnya terlebih dalam produksi dan diseminasi informasi positif tentu menjadi harapan. Peran ini jadi lebih besar lagi jika mampu melakukan penetrasi lebih jauh lagi. Bisa dikatakan kita adalah content creator terbesar,” kata dia. 

Baca juga: Diskominfosantik Kalteng raih anugerah media center terbaik ketiga

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024