Perusahaan melakukan ini untuk mendukung pemasaran produk makanan ringan yang menjadi andalan UMKM IKADI Jawa Timur
Surabaya (ANTARA) - PT Pelindo Terminal Petikemas mengenalkan pemasaran digital (digital marketing) kepada 50 penyandang disabilitas yang berasal dari UMKM Ikatan Penyandang Disabilitas (IKADI) Jawa Timur.

"Perusahaan melakukan ini untuk mendukung pemasaran produk makanan ringan yang menjadi andalan UMKM IKADI Jawa Timur. Selama ini mereka masih menjual produk secara konvensional," kata Corporate Secretary PT Pelindo Terminal Petikemas Widyaswendra di Surabaya, Kamis.

Widyaswendra mengatakan selain memperoleh pengetahuan tentang pemasaran digital, UMKM IKADI Jawa Timur juga akan didampingi oleh tenaga yang berkompeten selama satu tahun.

Nantinya, dilakukan monitoring dan evaluasi untuk menentukan langkah perbaikan dan peningkatan kemampuan bagi para penyandang disabilitas.

"Sebagian besar peserta adalah penyandang tuna daksa, melalui Program Sahabat Inspiratif Pelindo bertajuk 'Program UMKM Disabilitas Mandiri 2024', kami berharap saudara-saudara kita ini dapat memperoleh pengetahuan baru untuk mendukung mereka dalam berkarya. Selain itu kami juga memberikan bantuan modal usaha," ujarnya.

Baca juga: PT Pelindo Terminal Petikemas tuntaskan target pemurnian bisnis

Baca juga: Pelindo sebut layanan Terminal Peti Kemas kembali normal


Kepala Pelaksana UMKM Disabilitas IKADI Syamsul Muarif menambahkan target dari pihaknya adalah agar produk para disabilitas dapat beredar luas di pasaran baik di gerai oleh-oleh khas Surabaya maupun di e-commerce.

Langkah awal hari ini dimulai dengan mempelajari selera pasar secara daring.

"Mereka akan memulai dengan membuat snack dari olahan pisang dalam kemasan 55 gram yang akan dipasarkan dengan harga Rp5.000, targetnya per hari terjual 200 kemasan sehingga bisa mengantongi satu juta rupiah setiap harinya," kata Syamsul.

Sebelumnya, pada Selasa (05/03) PT Pelindo Terminal Petikemas juga menyalurkan beasiswa bagi sekitar 60 siswa SD hingga SMA yang bekerja sama dengan Yayasan Barunawati Biru Surabaya (YBBS).

Baca juga: Pelindo Peti Kemas bersiap ubah wajah Pelabuhan Ternate dan Merauke

Baca juga: Pelindo siap relokasi pelabuhan petikemas dari Pontianak ke Mempawah

Pewarta: Willi Irawan
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024