Jakarta (ANTARA) - Apple dikabarkan tengah menjajaki pasar perangkat lipat dengan pendekatan yang unik.

Berbeda dari jenama teknologi yang memulai eksplorasi dari produk ponsel, menurut analis Apple Ming-Chi Kuo, Apple justru berpotensi merilis MacBook 20 inci yang layarnya juga dapat dilipat sekitar awal 2027.

Kabar itu didapatkan dari cuitan Kuo di X atau dulu dikenal sebagai Twitter. Ia mengungkap bahwa meskipun belum banyak informasi yang tersedia mengenai perangkat ini, tampaknya perangkat ini merupakan satu-satunya produk Apple yang dapat dilipat dengan jadwal pengembangan yang jelas.

Lebih lanjut, ia menyebutkan bahwa produksi massal MacBook baru ini kemungkinan akan dimulai pada 2027, yang menunjukkan pendekatan hati-hati Apple terhadap teknologi foldables.

Baca juga: Beredar kabar perangkat lipat Apple bukanlah iPhone

Pernyataan Kuo sejalan dengan konsep yang sebelumnya juga disampaikan Analis Layar Ross Young.

Detail mengenai desain perangkat ini masih minim, namun perangkat ini akan melampaui laptop terbesar Apple saat ini, MacBook Pro 16 inci.

Macbook lipat itu juga digadang-gadang berpotensi menghidupkan kembali ukuran layar serupa dengan MacBook Pro 17 inci yang sudah dihentikan produksinya.

Meskipun faktor bentuk pastinya masih belum diketahui, desain yang dapat dilipat menawarkan keserbagunaan.

Produk ini mungkin berfungsi seperti laptop tradisional ketika dibuka sebagian atau menawarkan pengalaman tampilan yang luas ketika terbuka sepenuhnya.

Komentar Kuo juga menunjukkan bahwa Apple saat ini tidak memiliki rencana dalam waktu dekat untuk iPhone atau iPad yang dapat dilipat, terlepas dari semua spekulasi yang telah didengar selama ini.

Baca juga: Apple akan rilis iOS 17.3, hadirkan perlindungan perangkat dicuri

Jika melihat laporan sebelumnya, Apple dikabarkan sedang menjajaki pasar perangkat lipat dengan rencana meluncurkan perangkat berukuran 7 inci hingga 8 inci yang dapat menggantikan iPad Mini.

iPad yang dapat dilipat ini dikabarkan akan diluncurkan antara tahun 2026 dan 2027. Namun, mengingat komentar terbaru Ming-Chi Kuo, sepertinya iPhone atau iPad yang dapat dilipat masih jauh dari kemungkinan.

Penting untuk diingat bahwa MacBook yang dapat dilipat ini masih dalam tahap rumor.

Apple terkenal dengan penelitian dan pengembangannya yang ekstensif, dan proyek dapat berubah atau dibatalkan seluruhnya. Demikian dilaporkan Gizmochina, Kamis (7/3).

Baca juga: Apple perluas kapasitas "Find My" hingga 32 perangkat

Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024