Padang (ANTARA) - Stasiun Meteorologi Kelas II Minangkabau, Padang Pariaman memperkirakan hujan dengan intensitas sedan hingga lebat masih berpotensi terjadi di sejumlah daerah di Sumatera Barat

Keterangan tertulis peringatan dini cuaca Sumatera Barat BMKG diterima di Padang, Jumat, menyebutkan potensi terjadi hujan sedang hingga lebat diperkirakan pada pukul 09.00 WIB dan bisa berlanjut hingga pukul 11.00 WIB.

Potensi hujan itu di antaranya terjadi di daerah Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan.

Untuk daerah Kabupaten Padang Pariaman terjadi di Lubuk Alung, Batang Anai, Nan Sabaris, VII Koto Sungai Sarik, V Koto Kampung Dalam, Sungai Limau, Ulakan Tapakih, Sintuak Toboh Gadang, V Koto Timur, Enam Lingkung.

Kota Padang terjadi di Kecamatan Padang Selatan, Padang Timur, Padang Barat, Padang Utara, Bungus Teluk Kabung, Lubuk Begalung, Lubuk Kilangan, Pauh, Kuranji, Nanggalo, Koto Tangah.

Baca juga: Gubernur Sumbar imbau warga waspada dampak curah hujan tinggi

Potensi terjadinya hujan itu dapat meluas ke wilayah Kabupaten Pesisir Selatan di Ranah Pesisir, Lengayang, Batang Kapas, IV Jurai, Bayang, Sutera, Linggo Sari Baganti, IV Nagari Bayang Utara, Airpura.

Di Kabupaten Solok di sekitar Gunung Talang, sedangkan Kabupaten Padang Pariaman di Kecamatan 2 X 11 Enam Lingkuang, Sungai Garingging, Padang Sago, Batang Gasan, 2 X 11 Kayu Tanam, Patamuan, dan sekitarnya.

Hujan sedang dan lebat turun sejak Kamis (7/3) sore hingga Jumat dini hari mengakibatkan sejumlah daerah di Sumbar dilanda banjir dan tanah longsor.

Kepala Pelaksana BPBD Sumbar Rudy Rinaldi mengatakan data sementara daerah yang terimbas banjir, Pesisir Selatan, Kota Padang, Agam, Pasaman Barat, dan Limapuluh Kota.

Di Kota Padang, ratusan orang harus mengungsi ke tempat yang lebih tinggi karena rumah mereka terendam banjir cukup tinggi.

Baca juga: Warga korban banjir di Padang butuh bantuan makanan
Baca juga: Polres Pasaman Barat pantau jalan longsor-pasang pagar pengaman jalan
Baca juga: BPBD Padang evakuasi puluhan korban banjir di Alai Parak Kopi

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024